Pengaruh Tingkat Pendapatan dan Kepercayaan Terhadap Ketaatan Masyarakat Membayar Zakat pada BAZNAS

(Studi Masyarakat Kecamatan Pangkalan Brandan Kabupaten Langkat)

Authors

  • Khairunnisa STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura, Langkat
  • Yaumul Khair Afif STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat
  • Khairunnisa STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Pendapatan, Kepercayaan, Ketaatan Membayar Zakat

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan tingkat pendapatan dan kepercayaan terhadap ketaatan masyarakat Kecamatan Pangkalan Brandan Kabupaten Langkat membayar zakat pada BAZNAS. Sumber data penelitian ini diperoleh dari jawaban angket yang diberikan reponden penelitian yaitu masyarakat Kecamatan Pangkalan Brandan yang membayar zakat pada BAZNAS sebanyak 86 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan pengujian tersebut menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan tingkat pendapatan terhadap ketaatan masyarakat Kecamatan Pangkalan Brandan membayar zakat pada BAZNAS, variabel Tingkat Pendapatan (X1) secara statistik menunjukkan  nilai  signifikan  lebih  kecil  dari  0,05 atau (0,003 < 0,05) dan thitung  > ttabel (3,081 > 1,98896). Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat kepercayaan terhadap ketaatan masyarakat Kecamatan Pangkalan Brandan membayar zakat pada BAZNAS variabel Tingkat Kepercayaan (X2) secara statistik menunjukkan  nilai signifikan  lebih  kecil  dari  0,05 atau (0,00 < 0,05) dan thitung  > ttabel (4,908 > 1,98896). Secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan tingkat kepercayaan dan kepercayaan terhadap ketaatan masyarakat Kecamatan Pangkalan Brandan membayar zakat pada BAZNAS, nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai Fhitung > Ftabel (34,543 > 3,11). Tingkat pendapatan dan tingkat kepercayaan mempengaruhi ketaatan masyarakat Kecamatan Pangkalan Brandan Kabupaten Langkat membayar zakat pada BAZNAS sebesar 44,1%. Koefisien bernilai positif atau sejalan antara tingkat pendapatan dan tingkat kepercayaan dengan ketaatan masyarakat Kecamatan Pangkalan Brandan membayar zakat pada BAZNAS

References

Cokrohadisumarto, W. bin M., Zaenudin, Z., Santoso, B., & Sumiati, S. (2019). A study of Indonesian community’s behaviour in paying zakat. Journal of Islamic Marketing, 11(4), 961–976. https://doi.org/10.1108/JIMA-10-2018-0208

Darmawan, D., & Arafah, S. (2020). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Dan Fasilitas Layanan Zakat Terhadap Keputusan Membayar Zakat Mal Pada Baznas Kabupaten Langkat. Jurnal FEB, 1, 329–342. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/

Fitri, A., Sudiarti, S., Jannah, N., Islam, U., & Sumatera, N. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Kesadaran Dan Pendapatan Masyarakat Terhadap Perilaku Membayar Zakat Mal Di Desa Sikapas Mandailing Natal. Journal Economy And Currency Study (JECS), 4(2), 99–109. https://doi.org/https://doi.org/10.51178/jecs.v4i2.762

Harahap, M. A., Hafizh, M., Syafitri, N., & Putri, R. A. N. (2018). Analisis Kesadaran Masyarakat Kecamatan Tanjung Pura Dalam Membayar Zakat. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 1(2), 265–277. https://doi.org/10.47467/elmal.v1i2.547

Harahap, M. A., Latip, A., Muda, I., Soemitra, A., & Sugianto, S. (2021). Bagaimana Kepatuhan Membayar Zakat? Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(1), 16–23. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.406

Kailani, N., & Slama, M. (2020). Accelerating Islamic charities in Indonesia: zakat, sedekah and the immediacy of social media. South East Asia Research, 28(1), 70–86. https://doi.org/10.1080/0967828X.2019.1691939

Kartika, I. K. (2020). Pengaruh Pendapatan Terhadap Minat Membayar Zakat Dengan Kesadaran Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Muzakki di BAZNAS Salatiga). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 42–52. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i1.558

Mahadhir, M. S., & Arifai, A. (2021). Zakat Produktif Dalam Tinjaun Hukum Islam. ADL ISLAMIC ECONOMIC : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(2), 179–190. https://doi.org/10.56644/adl.v2i2.29

Majid, M. S. A. (2017). The Motivation of Muzakki to Pay Zakah: Study at The Baitul Mal Aceh. Signifikan: Jurnal Ilmu Ekonomi, 6(1), 159–176. https://doi.org/10.15408/sjie.v6i1.4302

Sriwahyuni, E. (2017). Pemikiran Ekonomi Islam Monzer Kahf. Al-Intaj, 3(1), 172–186. file:///C:/Users/HP/Downloads/1195-2467-1-SM (1).pdf

Widyarini, & Yuliana, W. (2019). Faktor Pengaruh Minat Membayar Zakat Mal Studi pada LAZ ‘Baitul Mal MJK’ di Yogyakarta’. Jurnal Hukum Bisnis Islam, 1(2), 267–288. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/azzarqa.v11i2.2070

Yughi, S. A. (2019). Faktor Preferensi Individu Muzakki Lembaga Zakat Informal. Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 156–182. http://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/iqtishoduna/article/view/346

Downloads

Published

2023-05-31