Pengaruh Motivasi Menghindari Riba, Pengetahuan Produk dan Religiusitas Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP Stabat

Authors

  • Anjas Mara STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura, Langkat
  • Abdullah Sani STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Motivasi Menghindari Riba, Pengatahuan Produk, Religiusitas, Keputusan Nasabah

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi menghindari riba, pengetahuan produk dan religiusitas Mahasiswa STAI-JM Tanjung Pura terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Muamalat dan BSI di Kecamatan Stabat baik secara parsial maupun simultan. Sumber data penelitian ini diperoleh dari jawaban angket yang diberikan reponden penelitian mahasiswa STAI-JM Tanjung Pura yang menjadi nasabah pada PT. Bank Muamalat dan BSI di Kecamatan Stabat sebanyak 50 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan pengujian tersebut menjelaskan bahwa secara parsial motivasi menghindari riba dan religiusitas kepada mahasiswa STAI-JM Tanjung Pura mempengaruhi keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Muamalat dan BSI di Kecamatan Stabat, sedangkan pengetahuan produk mahasiswa STAI-JM Tanjung Pura secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Muamalat dan BSI di Kecamatan Stabat. Secara simultan atau bersama-sama motivasi menghindari riba, pengetahuan produk dan religiusitas mahasiswa STAI-JM Tanjung Pura berpengaruh signifikan kearah yang positif terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Muamalat dan BSI di Kecamatan Stabat. Motivasi menghindari riba, pengetahuan produk dan religiusitas mahasiswa STAI-JM Tanjung Pura mempengaruhi Keputusan Menjadi Nasabah pada PT. Bank Muamalat dan BSI di Kecamatan Stabat sebesar 75%. Koefisien variabel motivasi menghindari riba, pengetahuan produk dan religiusitas bernilai positif atau sejalan artinya masing-masing variabel memiliki hubungan yang positif atau sejalan dengan variabel terikat.

References

Casriyanti. (2020). Pengaruh Religiusitas, Consumer Knowledge dan Brand Image terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada Bank Syariah Casriyanti Sekolah Tinggi Agama Islam Pangeran Dharma Kusuma Segeran Indramayu. Jurnal Tasyri’ : Jurnal Muamalah Dan Ekonomi Syariah, 2(1), 52–70. http://ojs.staisdharma.ac.id/index.php/tjmes/article/view/14

Harahap, T. S. R. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Religiusitas Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Produk Gadai Emas Di Pt Bank Syariah Mandiri Kcp Medan Iskandar Muda. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 11(1), 1. https://doi.org/10.32507/ajei.v11i1.493

Katuuk, P. V., Tumbel, A. L., & Samadi, R. L. (2019). Pengaruh Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Bni Kantor Cabang Pembantu Bahu. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 4819–4828.

Maulana, F. R., Hasnita, N., & Evriyenni, E. (2020). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah. JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance., 2(2), 124. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v2i2.8644

Muhammad Arfan Harahap, Yochi Elanda, M. Sabri A. Majid, Marliyah, R. H. (2022). Bagaimana Utang Mendorong Terjadinya Krisis? Solusi dari Sistem Keuangan Islam. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journa, 4(3), 14–35. https://doi.org/DOI: 10.47476/reslaj.v4i3.905

Permana, A. I., Prastowo, S. L. dan, & Djaenudin, E. M. (2021). Pengaruh motivasi untuk menghindari riba dan pengetahuan produk terhadap keputusan menjadi nasabah (studi kasus pada bank mandiri syariah kc malang). Jurnal Ekonomi Bisnis, 27(1), 419–430. https://doi.org/https://doi.org/10.33592/jeb.v27i01.1349

RACHMAWATI, A. (2020). Pengaruh Consumer Knowledge, Brand Image, Religiusitas, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.37058/jes.v5i1.1502

Resti, E., Aravik, H., & Choirunnisak, C. (2021). PENGARUH MOTIVASI DAN PENGETAHUAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Kasus Ex Bank Syariah Mandiri KCP Palembang KM 6). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 1(2), 135–144. https://doi.org/10.36908/jimpa.v1i2.31

Saputra, R., Siregar, B. G., & Hardana, A. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra (JMAS), 2(4), 252–264. https://ejurnalunsam.id/index.php/jmas/article/view/3937

Suryanto, A., & Sa’adah, A. (2019). Analisis Pengambilan Keputusan Nasabah Pembiayaan Murabahah Pada Bmt Daarut Tauhiid Bandung. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 61–74. https://doi.org/10.37058/jes.v4i1.803

Yusri, Y., Ilham Gani, D., & Nasrullah, &. (2022). Pengaruh Motivasi Penghindaran Riba dan Persepsi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia Melalui Pengetahuan Sebagai Variabel Moderating (Studi pada Bank Syariah Indonesia Kabupaten Pinrang). 2, 49–67. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/IBEF/article/view/31553

Downloads

Published

2023-05-31