Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Pada PT Bank SUMUT Syariah KCP Stabat)
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan MasyarakatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada PT Bank SUMUT Syariah KCP Stabat. Metode teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik aksi dental yaitu teknik penarikan sampel secara kebetulan. Penelitian ini menggunkan metode analisis regresi linear berganda dan pengelola data primer menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Pengaruh variable dari kualitas pelayanan yaitu tangibles (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4) dan emphaty (X5) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat pada PT. Bank SUMUT Syariah KCP Stabat. Hal ini dapat di buktikan dari hasil analisis uji F bahwa F hitung > Ftabel sebesar 124,464 > 2,47. Besarnya pengaruh dapat dilihat dari R square yaitu 0,872 yang menunjukkan bahwa pengaruh variabel bebas tersebut terhadap variabel terikat yakni kepuasan masyarakat adalah sebesar 87,2% dan hasil menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel tangibles (X1), responsiveness (X3), dan emphaty (X5) berpengaruhnyata terhadap kepuasan masyarakat sedangkan variabel reliability (X2) dan assurance (X4) berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan masyarakat pada PT. Bank SUMUT Syariah KCP Stabat, variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap kepuasan masyarakat di PT. Bank SUMUT Syariah KCP Stabat adalah variabel responsiveness karena mempunyai koefisien tertinggi sebesar 5,041.
References
Andira, H., & Sundari, E. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Herbal Az-Zahra Kota Dumai. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2), 335–344. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7421
Andriyani, M., & Ardianto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 133–140. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.73
Darma yanti Lubis, S. L. (2023). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Mobile Banking. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(2), 443–456. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/226/195
Hamzah, Z., & Purwati, A. A. (2019). the Effect of Service Quality on Customer Satisfaction of Sharia Banking. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 3, 98–105. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/costing.v3i1.846
Kamarudin, J., Nursiah, N., & ... (2022). Pengaruh Faktor Kemudahan, Keamanan, dan Resiko Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Nasabah BRI Kabupaten Mamuju). FORECASTING: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 11–18. https://stiemmamuju.e-journal.id/FJIIM/article/view/123%0Ahttps://stiemmamuju.e-journal.id/FJIIM/article/download/123/63
Lubis, H. K., Silalahi, P. R., & Tambunan, K. (2021). Analisis Faktor Preferensi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pemilihan Hotel Syariah di Kota Medan. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.
Makmuriyah, a. N., & vanni, k. M. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri di Kota Semarang). Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 5(1), 37. https://doi.org/10.32493/eduka.v5i1.6362
Muhammad Arfan Harahap, M. H. (2020). Manajemen Keuangan Konsep Dasar Dan Prinsip-Prinsip. Merdeka Kreasi. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=yIHJEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=info:blAZb0_Um88J:scholar.google.com&ots=wL9Wd2cEVy&sig=Ql-O_D-8FqtTVR_6KjL26nVOefY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Nasfi, N., Rahmad, R., & Sabri, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 4(1), 19. https://doi.org/10.30983/es.v4i1.3146
Reza Nurul Ichsan, A. K. (2021). Kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pt. Jasa raharja medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 54–57. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.729
Sari, R., Saleh, M., & Hasanah, N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Produk Tabungan Wadiah Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank SUMUT Syariah Cabang Stabat. JEKSya: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 02(01), 43–51.
Triyanti, D., Kaban, R. F., & Iqbal, M. (2021). Peran Layanan Mobile Banking Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 51. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.51-62.