Analisis Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Survei Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk IndiHome Berbasis Web Pada PT Telkom Witel Sumatera Utara
Keywords:
IndiHome, Aplikasi Berbasis WEB, Kepuasan PelangganAbstract
Perkembangan teknologi informasi, terutama dalam sektor telekomunikasi, telah mengubah kehidupan sehari-hari masyarakat secara global. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, sebagai Badan Usaha Milik Negara yang berfokus pada layanan teknologi informasi dan komunikasi, memperkenalkan produk unggulannya IndiHome sebagai solusi internet berkecepatan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi aplikasi survei kepuasan pelanggan IndiHome berbasis web pada PT Telkom Witel Sumatera Utara. Melalui metode kualitatif-deskriptif, penelitian ini menghasilkan aplikasi web yang memungkinkan pelanggan IndiHome memberikan umpan balik terkait kepuasan mereka guna meningkatkan kualitas layanan IndiHome. Pengujian sistem menggunakan black box testing dengan cara memvalidasi fungsionalitas baik bagi administrator maupun pengguna. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas PT Telkom dalam memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan IndiHome.
References
Ayu, I. G., Gayatri, N., Putri, W., Ardhya, S. N., Ketut, N., Adnyani, S., Care, I., Implementasi, K. K., Konsumen, P., Bantuan, P., & Internet, J. (2022). Implementasi Ketentuan Pasal 4 Huruf ( A ) Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terkait Pelayanan Jaringan Wifi Indihome Di Kota Singaraja. Komunikasi Yustisia, 5(November), 16–26.
Darma yanti Lubis, S. L. (2023). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Mobile Banking. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(2), 443–456. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/226/195
Indonesia, T. (2023). Tentang Telkomgroup.
Janitra, M. G., & Yani, D. P. (2018). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pemberitahuan Indihome Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT TELKOM Batam | Janitra | Zona Komputer: Program Studi Sistem Informasi Universitas Batam. Zona Komputer, 8(Desember), 35–43.
Muhammad Arfan Harahap, M. H. (2020). Manajemen Keuangan Konsep Dasar Dan Prinsip-Prinsip. Merdeka Kreasi. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=yIHJEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=info:blAZb0_Um88J:scholar.google.com&ots=wL9Wd2cEVy&sig=Ql-O_D-8FqtTVR_6KjL26nVOefY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Muslim, A. (2023). Masyarakat RI Suka Tarif Internet Kabel Sedang. Investor Daily Indonesia, 2023.
Pertiwi, D. K. A., Marjam, D. R., & Susanti, R. (2020). Analisis Pengaruh Store Atmosphere Dan Kedekatan Emosional Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Pelanggan O’Pallet Cafe Boyolali). 2 Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan Vol., 20(1), 1–14.
Santoso, R., Munawi, H. A., & Sukmawati, D. (2019). Perkembangan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat. Conference on Research & Community Services, 586–592.
Septianarditya, C., & Nasir, M. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan IndiHome berdasarkan Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi. Eksos, 18(1), 71–79. https://doi.org/10.31573/eksos.v18i1.440
Setiawan, F., Febria, M. F., & Sulaeman, E. (2022). Pengaruh Presepsi Nilai Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Terhadap Konsumen Indihome Kabupaten Karawang). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Siregar, J. A., & Nugrahani, R. U. (2021). Aktivitas Unit Consumer Service Dalam Memberikan Pelayanan Terkait Gangguan Jaringan Indihome (studi Deskriptif Pada Pt Telkom Witel Riau Daratan). EProceedings ….
Surabaya, B. D. I. (2019). Survei Kepuasan Pelanggan Dan Persepsi Korupsi Tahun 2019.