Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada PT. Bank Muamalat Cabang Stabat
Keywords:
Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Marketing Mix 7P, Tabungan HajiAbstract
Sebagai salah satu lembaga keuangan syari’ah, Bank Muamalat dipercaya lebih mempunyai peluang untuk berkembang dibandingkan dengan lembaga keuangan lain yang beroperasi secara konvensional. Meskipun untuk mencapai tujuan itu diperlukan keja keras untuk mewujudkannya. Namun Bank Muamalat mampu menciptakan starategi pemasaran yang bagus agar dapat meningkatkan jumlah nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan Bank Muamalat untuk meningkatkan jumlah nasabah menggunakan produk tabungan haji dan menganalisis faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam memasarkan produk tabungan haji tersebut. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pendekatan lapangan yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank Muamalat berupa strategi bauran pemasaran jasa 7P yang meliputi strategi product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process dengan beberapa faktor pendukung dan penghambat bagi pemasar. Dimana pihak Bank Muamalat memasarkan produk tabungan haji melalui promosi (Promotion) dengan penyebaran brosur dengan melakukan door to door ke rumah nasabah atau instansi-instansi. Bank Muamalat selalu memperhatikan kepuasan nasabah juga, kualitas pelayanan, guna menciptakan loyalitas pelanggan. Karena apabila nasabah puas maka nasabah akan loyal.
References
Aulia, R., & Rokan, M. K. (2022). Penerapan Dan Tantangan Produk Tabungan Haji IB Makbul Pada Masa Pandemi Covid-19 di PT. Bank Sumut Unit Usaha Syariah. Acman: Accounting and Management Journal, 2(2), 114–120. https://doi.org/10.55208/aj.v2i2.35
Duryatun Nafi’ah, M. N. (2023). Strategi jitu pemasaran produk tabungan haji. Iqtisodina, 6(1), 1–23. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/IQTISODINA/article/view/6922
Halim, F. S., Putra, P., & Pujihastuti, I. (2023). Analisis Penerapan Strategi Segmenting, Targeting Dan Positioning Terhadap Tabungan Haji Pada Bank Tabungan Negara Syariah Kc Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam (JIEI), 9(2579–6534), 564–572. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v9i1.7443
Hasibuan, A. N. (2018). Strategi Pemasaran Produk Funding Di Pt.Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Padangsidimpuan. Imara: JURNAL RISET EKONOMI ISLAM, 2(1). https://doi.org/10.31958/imara.v2i1.1032
Isnaida, Muhizar Muchtar, M. A. H. (2022). Implementasi Marketing MIX Dalam Upaya Peningkatan Penjual Butik Muslimah Di Kota Tanjung Pura. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 62–73. https://doi.org/10.56114/al-sharf.v3i1.253
Muhammad Arfan Harahap, S. S. (2022). Kontrak Jasa pada Perbankan Syariah: Wakalah, Kafalah dan Hawalah: Tinjauan Fiqh Muamalah Maliyah. Reslaj; Religion Education Social Laa Riba Journal, 4(1), 98–117. https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i1.482
Novitasari, D., Suselo, D., Studi Perbankan Syariah, P., & Ekonomi Dan Bisnis Islam, F. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Tabungan Hijrah Haji Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Muamalat KCP Nganjuk. Agustus, 2(4), 492–500. https://embiss.com/index.php/embiss/article/view/135
Publising, K. A. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Produk Tabungan Haji Indonesia (Studi Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Mojokerto Mojopahit 2) Nurul Azizah Ria Kusrini. 1(4), 629–639. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.61722/jiem.v1i4.544
Rachman, A., & Syariah, M. (2022). Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Haji Dan Umrah IB Pada BTN Kcps Tangerang. Madani Syariah, 5(1), 43–58. https://stai-binamadani.e-journal.id/madanisyariah
Rahmatillah, N., & Hasanah, U. (2020). Strategi Pemasaran Produk-Produk Gadai Syariah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Ditinjau Dari Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 1(1), 16. https://doi.org/10.30739/jesdar.v1i1.630
Saputri, S. D., Syahrizal, A., & Putri, N. S. (2023). Pada bank syariah indonesia kcp jambi sipin bakaruddin. 1(3), 211–224. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.61722/jiem.v1i3.231