Pengaruh Efisiensi Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Muamalat Kcp Stabat)

Authors

  • Alfina Damayanti STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura, Langkat

Keywords:

Efesiensi, Kemanan, Minat

Abstract

Keberhasilan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kedua variabel independen pada penelitian ini yaitu efisiensi (X1) dan keamanan (X2) berpengaru terhadap variabel devenden yaitu minat nasabah bertranksasi menggunakan mobile banking pada Bank Muamalat KCP Stabat (Y). Penelitian ini menggunakan metode pendekan kuantitatif yang mana pendekatan ini akan mengasilkan pengaruh antara kedua jenis variabel yaitu variabel independen dan devenden berbentuk angka. Teknik pengumpulan data yang di gunakan pada penelitian ini adalah dengan dua cara yaitu dengan wawancara dengan pihak bank muamalat KCP stabat dan penyebaran angket atau kuisioner kepada responden yang berjumlah 100 orang. Metote analisa statistic yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Nilai t hitung pada variabel efesiensi lebih besar dari nilai t tabel yaitu (7,313 > 1,660) dengan nilai signifikansi yang dihasilkan lebih kecil dari ketentuan yaitu (0,00 < 0,05). Hal ini membuktikan bahwa variabel efesiensi berpengaruh terhadap minat nasabah dalam bertransaksi menggunakan mobile banking. Nilai t hitung pada variabel keamanan lebih besar dari nilai t tabel yaitu (5,296 > 1,660) dengan nilai signifikansi yang dihasilkan lebih kecil dari ketentuan yaitu (0,00 < 0,05). Hal ini membuktikan bahwa variabel keamanan berpengaruh terhadap minat nasabah dalam bertransaksi menggunakan mobile banking. Efisiensi dan keamanan secara bersama-sama berpengrauh terhadap minat nasabah dalam bertransaksi menggunakan mobile banking.Hal ini di buktikan dengan nilai R square  yang dihasilkan sebesar 0,872 atau 87,2%, dan nilai F hitung lebih besar dari Dari f tabel (329,423 >2,70), dan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05).

References

Ainul Khatimah Sulmi, A., Awaluddin, M., Gani, I., & Kara, M. (2021). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking. Economic and Financial Journal, 1(2), 59–73. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/IBEF/article/view/22350

Darma yanti Lubis, S. L. (2023). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Mobile Banking. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(2), 443–456. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/226/195

Hariansyah, F. A., Wardani, N. H., & Herlambang, A. D. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Pada Pengguna Layanan BRI Mobile Bank Rakyat Indonesia di Kantor Cabang Cirebon. Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(5), 9. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5177

Kiki Lestari. (2022). Literature Review Determinasi Volume Transaksi Di Masa Pandemi Covid 19: Strategi, Teknologi Dan Mobile Banking. Literature Review Determinasivolumetransaksi Dimasa Pandemi Covid 19: Strategi, Teknologi Dan Mobile Banking, 3(3), 1–9. https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/888/580

MAKMURIYAH, A. N., & VANNI, K. M. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Layanan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri di Kota Semarang). Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 5(1), 37. https://doi.org/10.32493/eduka.v5i1.6362

Muhammad Arfan Harahap, M. H. (2020). Manajemen Keuangan Konsep Dasar Dan Prinsip-Prinsip. Merdeka Kreasi. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=yIHJEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=info:blAZb0_Um88J:scholar.google.com&ots=wL9Wd2cEVy&sig=Ql-O_D-8FqtTVR_6KjL26nVOefY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Mukhtisar, M., Tarigan, I. R. R., & Evriyenni, E. (2021). Pengaruh Efisiensi, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng Banda Aceh). Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance., 3(1), 56. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v3i1.9632

Novani, F. (2022). Pengaruh Layanan Mobile Banking Terhadap Jumlah Nasabah Menabung Pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk Kcp Stabat. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 102–113. https://doi.org/10.56114/al-sharf.v3i1.252

Rozi, F., & Ziyad, M. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking Bank BTN. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 92–102. http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jsmk

Sari, R., Saleh, M., & Hasanah, N. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Produk Tabungan Wadiah Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank SUMUT Syariah Cabang Stabat. JEKSya: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 02(01), 43–51.

Triyanti, D., Kaban, R. F., & Iqbal, M. (2021). Peran Layanan Mobile Banking Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 51. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.51-62.

Downloads

Published

2024-02-17

Issue

Section

Articles