Analisis Pemahaman Nasabah Dalam Penggunaan Produk M-Banking Pada Bank SUMUT Syariah KCP Stabat
Keywords:
Pemahaman Nasabah, Produk M-Banking.Abstract
Penelitian ini memfokuskan pembahasan tentang produk M-Banking yang ditawarkan, nasabah dalam penggunaan produk M-Banking dan upaya meningkatkan pemahaman nasabah menggunakan produk M-Banking pada Bank SUMUT Syariah KCP Stabat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan empiris. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan yaitu dengan cara wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Respnoden pada penelitian ini berjumlah 10 yaitu 2 orang pihak Bank SUMUT Syariah KCP Stabat dan 8 orang nasabah yang menggunakan layanan M-Banking. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu dengan tahap edit, klasisfikasi, verifikasi, analisa dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan produk M-Banking yang ditawarkan Bank SUMUT Syariah KCP Stabat yaitu SUMUT Mobile, persayaratan pendaftaran layanan SUMUT Mobile yaitu nasabah harus memiliki rekening, memiliki HP dan mendownload aplikasinya, menunjukkan identitas diri, nasabah memiliki sim card, selanjutnya jika semua syarat dan ketentuan telah terpenuhi dan nasabah setuju maka akan menerima SMS konfirmasi password M-Bankingnya, setelah itu nasabah dapat menggunakanya. Nasabah Bank SUMUT Syariah KCP Stabat paham terhadap produk M-Banking untuk transaksi keuangan dalam kehidupan sehari-hari, karena mereka sudah paham dan dapat menjelaskan semua hal terkait M-Banking seperti kegunaanya, cara menggunakannya, fitur-fiturnya, bahkan sampai mengetahui tingkat keamanan dalam aplikasi M-Banking. Upaya Bank SUMUT Syariah KCP Stabat meningkatkan pemahaman nasabah menggunakan produk M-Banking yaitu dengan cara: memberikan penjelasan ketika nasabah mendaftar, membuat produk SUMUT Mobile sesederhana mungkin, memiliki menu bantuan di produk SUMUT Mobile dan memiliki situs web produk SUMUT Mobile
References
Darma yanti Lubis, S. L. (2023). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Mobile Banking. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(2), 443–456. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/226/195
Gia Ardila, & Zul Azmi. (2023). Upaya Meningkatkan Pemahaman Nasabah Terhadap Penggunaan BRI Mobile PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Kantor Kas Chevron Rumbai Pekanbaru. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 20–25. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i1.1243
Hariansyah, F. A., Wardani, N. H., & Herlambang, A. D. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Pada Pengguna Layanan BRI Mobile Bank Rakyat Indonesia di Kantor Cabang Cirebon. Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(5), 9. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5177
Kiki Lestari. (2022). Literature Review Determinasi Volume Transaksi Di Masa Pandemi Covid 19: Strategi, Teknologi Dan Mobile Banking. Literature Review Determinasivolumetransaksi Dimasa Pandemi Covid 19: Strategi, Teknologi Dan Mobile Banking, 3(3), 1–9. https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/888/580
Lailani, E. O., & Regina, T. (2021). Penggunaan Mobile Banking Sebagai Upaya Memperlancar Transaksi Elektronik Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 10(1), 24–33. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol10no01.83
Lubis, M. R. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Dalam Menggunakan Layanan m-banking Pada PT. Bank Sumut Syariah KCSy. Medan. Management, Accounting, Islamic Banking and Islamic Economic Journal, 1(2), 430–438. Management, Accounting, Islamic Banking and Islamic Economic Journal
Mulia, D., Usman, H., & Parwanto, N. B. (2020). The role of customer intimacy in increasing Islamic bank customer loyalty in using e-banking and m-banking. Journal of Islamic Marketing, 12(6), 1097–1123. https://doi.org/10.1108/JIMA-09-2019-0190
Puspitasari, A. N. F., Rotinsulu, T. O., & Niode, A. O. (2021). Analisis Pengaruh Transaksi Pembayaran Non Tunai Terhadap Jumlah Uang Beredar M1 di Indonesia Tahun 2009-2019. Jurnal Emba: Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, 9(2), 523–532. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.34905
Sari, D. M., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2021). Manfaat Dan Risiko Penggunaan Layanan Perbankan Melalui Aplikasi Mobile Banking. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 12(2), 170. https://doi.org/10.32507/ajei.v12i2.892
Suhayati, Y. F., Maulina, A. N., & Adji , W. H. (2022). Pengaruh Pemahaman Bertransaksi Menggunakan Webform BSI dan BSI Mobile terhadap Kepuasan Nasabah. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1681–1695. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i6.1054
Triyanti, D., Kaban, R. F., & Iqbal, M. (2021). Peran Layanan Mobile Banking Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 51. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.51-62.
Yulistianingsih, I. (2023). Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik (E-Money) Terhadap Jumlah Uang Beredar Di Indonesia. JEKSya Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(3), 285–297. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/296