Analisis Kesadaran Masyarakat Desa Besilam Untuk Menunaikan Kewajiban Membayar Zakat Mal

Authors

  • Namira Luthfiah STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Kesadaran Masyarakat, Desa Besilam, Membayar Zakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Zakat adalah ibadah dalam bidang harta yang mengandung manfaat yang demikian besar dan mulia, baik yang berkaitan dengan orang yang berzakat (muzakki), penerimanya (mustahik), harta yang dikeluarkan zakatnya, maupun bagi seluruh masyarakat keseluruhan, manfaat zakat tersebut sebagai perwujudan keimanan kepada Allah SWT. Zakat terbagi menjadi dua, yaitu pertama, zakat yang berhubungan dengan badan yakni zakat fithrah dan kedua, zakat yang berhubungan dengan harta yakni zakat maal. Zakat fithrah adalah zakat yang dikeluarkan setiap Muslim yang menemui sebagian atau keseluruhan bulan Ramadhan dan bulan Syawwal.  Kesadaran masyarakat terhadap zakat juga berkaitan erat dengan pemahaman masyarakat yang baik. Pemahaman ini meliputi pengetahuan hukum dan manfaat zakat terhadap keadilan ekonomi bagi umat Islam.

References

Bhuiyan, A. B., Siwar, C., Ismail, A. G., & Omar, N. (2017). The islamic microfinancing contributions on sustainable livelihood of the borrowers in Bangladesh. International Journal of Business and Society, 18(S1), 79–96.

Harahap, M. A., Hafizh, M., Syafitri, N., & Putri, R. A. N. (2018). Analisis Kesadaran Masyarakat Kecamatan Tanjung Pura Dalam Membayar Zakat. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 1(2), 265–277. https://doi.org/10.47467/elmal.v1i2.547

Harahap, M. A., Latip, A., Muda, I., Soemitra, A., & Sugianto, S. (2021). Bagaimana Kepatuhan Membayar Zakat? Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(1), 16–23. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i1.406

Hj. Muliati, & Rasyid, S. C. (2019). Persepsi Masyarakat terhadap Kesadaran Muzakki dalam Membayar Zakat di Kabupaten Pinrang. DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum, 17(1), 128–150. https://doi.org/10.35905/diktum.v17i1.706

Istiqomah, & Fauzi, A. (2021). Strategi Fundraising Dana Zakat Pada Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Kota Kediri. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 3(1), 99–124. https://doi.org/10.33367/at.v2i3.1456

Jufri, A., & Rafiqi, I. (2020). Investigasi Fundraising Zakat Infaq Shadaqah Di Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Kabupaten Pamekasan. Masyrif: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 177–199. https://doi.org/10.28944/masyrif.v1i2.480

Kahf, M. (2019). Zakah management in some Muslim society (11th ed.). Background Paper No. 11, Islamic Development Bank Islamic Research and Training Institute. http://www.iefpedia.com/english/wp-content/uploads/2009/10/Zakah-Management-in-Some-Muslim-Societies-by-Monzer-Kahf.pdf

Majid, M. S. A. (2017). The Motivation of Muzakki to Pay Zakah: Study at The Baitul Mal Aceh. Signifikan: Jurnal Ilmu Ekonomi, 6(1), 159–176. https://doi.org/10.15408/sjie.v6i1.4302

Nopiardo, W. (2018). Strategi Fundraising Dana Zakat Pada Baznas Kabupaten Tanah Datar. Imara: JURNAL RISET EKONOMI ISLAM, 1(1), 57. https://doi.org/10.31958/imara.v1i1.991

Raihan, M., & K, K. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Zakat Produktif oleh Mustahik di Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sumatera Utara pada Masa Pandemi Covid-19. Management of Zakat and Waqf Journal (MAZAWA), 3(1), 13–28. https://doi.org/10.15642/mzw.2021.3.1.13-28

Saleh Muhammad dan Suaib Lubis. (2022). Pengaruh Kesadaran Masyarakat Terhadap Kepatuhan Membayar Zakat Mal. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 26–34. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/59

Sawmar, A. A., & Mohammed, M. O. (2021). Enhancing zakat compliance through good governance: a conceptual framework. ISRA International Journal of Islamic Finance, ahead-of-p(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/ijif-10-2018-0116

Usman, M., & Sholikin, N. (2021). Efektifitas Zakat Produktif Dalam Memberdayakan UMKM (Studi Kasus Pelaku UMKM di Pedan, Klaten, Jawa Tengah). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 174. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1599

Wulandari, P., & Kassim, S. (2016). Issues and challenges in financing the poor: case of Baitul Maal Wa Tamwil in Indonesia. International Journal of Bank Marketing, 34(2), 216–234. https://doi.org/10.1108/IJBM-01-2015-0007

Downloads

Published

2024-02-17

Issue

Section

Articles