Implementasi Corporate Social Responsibility Pada PT. Bahruni Desa Dogang Kec. Gebang Kab. Langkat Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Authors

  • Hartono STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Corporate Social Responsibility, Kesejahteraan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pembahasan tentang implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan PT. Bahruni Desa Dogang Kec. Gebang Kab. Langkat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat lalu selanjutnya ditinjau menurut pandangan Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan empiris. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Respnoden pada penelitian ini adalah pihak PT. Bahruni Desa Dogang Kec. Gebang Kab. Langkat, aparatur Desa Dogang dan masyarakat sekitar. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu dengan tahap edit, klasisfikasi, verifikasi, analisa dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan mplementasi Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan PT. Bahruni Desa Dogang Kec. Gebang Kab. Langkat melewati beberapa tahapan yaitu perencanaan dan penganggaran, pengajuan kepada pimpinan, penentuan prioritas, dan pemetaan di lapangan. Bentuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan yaitu bantuan langsung tunai, bantuan hari raya, kegiatan sosial, bantuan pembangunan rumah ibadah dan pembangunan fasilitas umum serta mengizinkan masyarakat sekitar mencari rumput di perkebunan. Program Corporate Social Responsibility (CSR) diberikan kepada: masyarakat kurang mampu, janda atau duda yang sudah tua, masyarakat sekitar PT. Bahruni siswa kurang mampu, guru honorer, guru ngaji, bilal mayat di Desa Dogang, dan olahragawan. Terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan PT. Bahruni Desa Dogang Kec. Gebang Kab. Langkat dimana masyarakat disamping telah memenuhi kebutuhan dasarnya, juga dapat memenuhi keseluruhan kebutuhan sosial psikologisnya. Islam sangat mendukung implementasi CSR karena tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis menciptakan banyak permasalahan sosial, dan perusahaan bertanggung jawab untuk menyelesaikannya

References

Bastomi, A., Addiarrahman, A., & Zahara, A. E. (2023). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Di PT Trimitra Lestari Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Suatu Tinjauan Etika Bisnis Islam). Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 1(6), 436–457. https://doi.org/10.61132/lokawati.v1i6.385

Mayasari, S. (2020). Implementasi Corporate Social Responsibility Pt Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Jne) Dalam Penanganan Wabah Virus Corona Di Indonesia. Jurnal AKRAB JUARA, 5(4), 709.e1-709.e9. https://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/132

Negara, I. K. (2019). Analisis Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabelpemoderasi (Studi Pada Indeks Sri-Kehatiyang Listed Di Bei). Jmm Unram - Master of Management Journal, 8(1), 46–61. https://doi.org/10.29303/jmm.v8i1.414

Nurjani, M., & Resnawaty, R. (2023). Implementasi Corporate Social Responsibility (Csr) Pt Pertamina Melalui Program Pertamina Cerdas. Share : Social Work Journal, 13(1), 74. https://doi.org/10.24198/share.v13i1.46499

Nurlatifa, E., Komariah, K., & Nugraha, A. R. (2020). Implementasi Corporate Social Responsibility Pt. Astra Internasional Melalui Program Lingkungan Kampung Berseri. Jurnal Signal, 8(2), 170. https://doi.org/10.33603/signal.v8i2.3230

Pramiana, O., & Anisah, N. (2018). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Perspektif Shariah Enterprise Theory. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 169–182. https://doi.org/10.26533/eksis.v13i2.311

Pratiwi, W. D., & Izzatusholekha. (2022). Implementasi Corporate Social Responsibility Di PT. Pertamina (Persero). Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(1), 163–169. https://doi.org/10.55606/jimek.v2i1.208

Putri, N., & Mardian, S. (2020). The Islamic Social Reporting Index and Investment Account Holder in Islamic Banks. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 11(1), 43–54. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v11i1.43-54

Raza, A., Rather, R. A., Iqbal, M. K., & Bhutta, U. S. (2020). An assessment of corporate social responsibility on customer company identification and loyalty in banking industry: a PLS-SEM analysis. Management Research Review, 43(11), 1337–1370. https://doi.org/10.1108/MRR-08-2019-0341

Shah, S. S. A., & Khan, Z. (2020). Corporate social responsibility: a pathway to sustainable competitive advantage? International Journal of Bank Marketing, 38(1), 159–174. https://doi.org/10.1108/IJBM-01-2019-0037

Sutria Anisa. (2023). Implementasi Maqashid Syariah Dalam Pelaksanaan Corporate Social Responsibility Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Ar-Hakim Medan. Al Sharf Jurnal Ekonomi Islam, 4(1), 39–56. https://doi.org/https://doi.org/10.56114/al-sharf.v4i1.552

Umarella, B. (2020). Implementasi Tata Kelola Perusahaan Melalui Program Corporate Social Responsibility Pada Bank Btn Cabang Ambon. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial, & Humaniora, 1(6), 74–78. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/78

Wilda, Y. A., & Sunoko, A. (2020). Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Meningkatkan Mutu Kualitas Pendidikan SMK NU Banat Kudus. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(2). file:///C:/Users/inside/Downloads/135-Article Text-347-1-10-20210130.pdf

Downloads

Published

2024-06-08

Issue

Section

Articles