Pengaruh Pelayanan dan Merek Perusahaan Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan di Bank Sumut Syariah Stabat
Keywords:
Brand, Service Quality, Customer DecisionAbstract
Dalam persaingan di sektor perbankan syariah, terdapat berbagai cara yang dilakukan untuk menarik minat masyarakat menjadi nasabah. Kualitas pelayanan yang diberikan dan citra merek perusahaan menjadi hal besar yang di pertimbangkan oleh calon nasabah. Penelitian ini berusaha menguji pengaruh pelayanan dan merek perusahaan dalam mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan produk tabungan di Bank Sumut Syariah KCP Stabat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan bantuan SPSS.26 untuk menganalisis data. Berdasarkan dari hasil analisis secara simultan didapat nilai R Square sebesar 0,334 dengan taraf signifikansi 0,00 yang berarti bahwa variabel merek perusahaan dan pelayanan secara bersama-sama signifikan mempengaruhi keputusan nasabah menabung di Bank Sumut Syariah Stabat sebesar 33,4%. Sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak masuk dalam model penelitian ini. Dimana secara parsial pelayanan berpengaruh sebesar 31,4 % pada keputusan menggunakan produk tabungan dan merek perusahaan berpengaruh sebesar 44,2 % mempengaruhi keputusan menggunakan produk tabungan di Bank Sumut Syariah Stabat.
References
Agia, L. N. (2022). Analisis Kualitas Layanan Bank Syariah Indonesia Menggunakan. COSTING : Journal of Economic, Business and Accounting, 5, 1570–1574. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/costing.v5i2.3764
Harahap, M. A., Hafizh, M., & Alam, A. P. (2021). Analisis Data Panel Pengaruh PDRB, BI Rate dan IPM Terhadap Tabungan Bank. Jurnal EMT KITA, 5(2), 146–156. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.35870/emt.v5i2.465
Huda, B., Sukidin, S., & Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Prosedur Kredit, Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Kredit Pada Pt. Bank Perkreditan Rakyat Sukowono Arthajaya Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(1), 87. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10425
Kambali, M. (2020). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Untuk Menggunakan Jasa Bank Syariah Mandiri (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syari’ah Mandiri Gresik). Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 8(1), 54–61. https://doi.org/https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v8i1.88
Montolalu, P., & Raintung, M. C. (2018). Analisis Pengaruh Promosi, Citra Merek, Dan Persepsi Terhadap Keputusan Nasabah Pengguna Tabungan Emas Pada Pt . Pegadaian ( Persero ) Kanwil V Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1809. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20663
Rachmawati, A., & Widana, G. O. (2020). Pengaruh Consumer Knowledge , Brand Image , Religiusitas , Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi. Jurnal Liquidity, 5(1), 111–123. https://doi.org/https://doi.org/10.32546/lq.v8i2.336
Santoso, I., & Adawiyah, S. El. (2019). Branding Islam dan Religiusitas Individu pada Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Produk Bank Syariah. Journal of Business & Entepreneurship, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24853/baskara.2.1.1-12
Sinaga, A., Harahap, M. A., Perkasa Alam, A., Agustina, M., & Wirdany, W. (2020). Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung pada PT Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Stabat. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(2), 210–232. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i2.570
Surya, Y. A., & Asiyah, B. N. (2020). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Bni Syariah Dan Bank Syariah Mandiri Di Masa Pandemi Covid-19. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 7(2), 170–187. https://doi.org/10.19105/iqtishadia.v7i2.3672
Suryanto, A., & Sa’adah, A. (2019). Analisis Pengambilan Keputusan Nasabah Pembiayaan Murabahah Pada Bmt Daarut Tauhiid Bandung. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 61–74. https://doi.org/10.37058/jes.v4i1.803