Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Dodol

Authors

  • Ahmad Daud STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura, Langkat
  • Diyan Yusri STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Strategy, Marketing, Price, Location, Promotion, Product, Sales

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga, Promosi, Lokasi dan Kualitas Produk Terhadap peningkatan penjualan Dodol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha dodol dan para pedagang dodol yang berada di Desa Pematang Tengah yang berjumlah sebanyak 45 orang responden. Dalam penelitian ini metode yang dilakukan untuk memahami dan menganalisis hal ini adalah menggunakan metode kuantitatif dan metode pengumpulan data yang dilakukandalam penelitian ini adalah metode kuesioner. Pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan SPSS 20.0. Hasil penelian menunjukkan bahwa responden sebanyak 45 pengusaha dodol yang menjadi responden dalam penelitian ini, membuktikan bahwa Harga, Pemasaran, Lokasi dan Kualitas Produk berpengaruh terhadap peningkatan penjualan dodol. Berdasarkan analisis regresi linear berganda dengan nilai koefisien regresi Harga (X1) dengan nilai sebesar 0,556, Pemasaran (X2) dengan nilai sebesar 0,474, Lokasi dengan nilai sebesar (X3) 0,578 dan Kualitas Produk (X4) dengan nilai sebesar 0,889 berpengaruh signifikan terhadap perkebangan usaha dodol dengan thitung > ttabel (sig < 0,05). Hasil analisis R Square sebesar 0,697 yang artinya perkembangan usaha sebesar 69,7% dipengaruhi oleh Harga , Promosi, Lokasi dan kualitas produk dan sisanya 31,3% variabel peningkatan Penjualan dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian

References

Anggina, D., Dewi, N., & Restuhadi, F. (2020). Strategi Pemasaran Agroindustri Dodol Rasa Buah Lokal. Jurnal Ilmiah Pertanian, 17(1), 1–12. https://doi.org/10.31849/jip.v17i1.3892

Ding, A. W., & Li, S. (2021). National response strategies and marketing innovations during the COVID-19 pandemic. Business Horizons, 64(2), 295–306. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2020.12.005

Febrianto Setiawan, T., Suharjo, B., & Syamsun, D. M. (2018). Strategi Pemasaran Online UMKM Makanan (Studi Kasus di Kecamatan Cibinong) Food Online Marketing Strategy for MSME (Case Study in Cibinong District). Jurnal Manajemen IKM, 13(2), 116–126. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalmpi/

Purba, A. M., Arifin, A., Adela, F. P., & Ritonga, A. D. (2021). Pelatihan Strategi Komunikasi Pemasaran untuk Meningkatkan Pangsa Pasar Produk Dodol di Daerah Pasar Bengkel Kabupaten Serdang Bedagai. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 41. https://doi.org/10.30595/jppm.v5i1.8363

Sari, R. A. (2020). Analisis strategi pemasaran pada usaha kecil menengah Makanan ringan ( Studi kasus Dodol Mangrove di Desa Jangkang Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis ). Daya Saing, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35446/dayasaing.v6i1.420

Susilawati, S., & Sunardi, S. (2021). Peningkatan Daya Saing Dodol Nanas Si-Jank Melalui Strategi Pemasaran Produk. Jurnal Menara Ekonomi : Penelitian Dan Kajian Ilmiah Bidang Ekonomi, 7(2), 93–101. https://doi.org/10.31869/me.v7i2.2776

Downloads

Published

2022-09-03