Pengaruh Promosi, Layanan Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Masyarakat Muslim Dan Non Muslim Menjadi Nasabah Pembiayaan Di PT Bank Muamalat KCP Stabat
Keywords:
Promosi, Layanan, Bagi Hasil, Keputusan Menjadi NasabahAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi, Layanan dan Bagi Hasil terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Muamalat KCP Stabat baik secara parsial maupun simultan. Sumber data penelitian ini diperoleh dari jawaban angket yang diberikan reponden penelitian nasabah pada PT. Bank Muamalat KCP Stabat sebanyak 50 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan pengujian tersebut menjelaskan bahwa secara parsial Promosi dan Bagi Hasil mempengaruhi keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Muamalat KCP Stabat, sedangkan Layanan secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Muamalat KCP Stabat. Secara simultan atau bersama-sama Promosi, Layanan dan Bagi Hasil berpengaruh signifikan kearah yang positif terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Muamalat KCP Stabat. Hal ini dibuktikan dengan nilai R Square sebesar 0,765. Hal ini berarti bahwa variabel Promosi, Layanan dan Bagi Hasil mampu menjelaskan variabel keputusan menjadi nasabah sebesar 75% dan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam model penelitian. Penelitian ini merekomendasikan agar pihak Bank Muamalat dapat meningkatkan jumlah nasabah dengan mempertimbangkan variabel Promosi, Layanan dan Bagi Hasil.
References
Alfikaromah, L., & Nurhidayati, M. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk, Kebutuhan dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Murabahah Mikro Di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. JPSDa: Jurnal Perbankan Syari
Angga Setiawansyah, dkk, (2024). Pengaruh Religiusitas Dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Pembiayaan Murabahah Serbaguna Di PT. Bank SUMUT Syariah KCP Stabat. AZIZI: Jurnal Perbankan Syariah dan Manajemen Bisnis Islam. https://jurnal.staijm.ac.id/ojs/index.php/jurnalazizi/article/view/79
Bustomi, B., Wiralaga, H. K. ., & Zahra, S. F. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Reputasi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Bank Syariah Indonesia. Indonesian Journal of Economy, Business, Entrepreneurship and Finance, 3(2), 297–305. https://doi.org/10.53067/ijebef.v3i2.106
Efris Saputri, Eka Julianti, (2019). Pengaruh Prinsip Bagi Hasil dan Bunga, dan Reputasi Bank terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Jasa Perbankan: Bank Syariah dan Bank Konvensional di Kota Jambi. Jurnal Riset Akuntansi Jambi, vol. 2, no. 2, 2019, pp. 38-46.
Ekawaty, N., Athallah, D. H. ., & Anwar, F. N. A. (2020). Dampak Inovasi Produk dan Reputasi Merek Terhadap Keputusan Menabung: Survei pada Nasabah Bank Muamalat Karawang. Jurnal Manajemen Bisnis, 7(1), 01–11. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/JMB/article/view/526
Faisal Rakhman, (2023). Pengaruh Persepsi Nasabah dan Tingkat Margin terhadap Keputusan Nasabah Pembiayaan Murabahah. Jurnal Maps: Manajemen Perbankan Syariah. DOI: https://doi.org/10.32627/maps.v6i2.703
Faisal Umardani Hasibuan. (2023). Pengaruh Produk, Promosi, Dan Kualitas Terhadap Keputusan Untuk Menjadi Nasabah Bank Syariah Indonesia KC Kuala Simpang. Journal of Islamic Economics and Finance, 1(4), 223–241. https://doi.org/10.59841/jureksi.v1i4.461
Febrian, A. A., & Irawati, W. (2024). Pengaruh Lokasi, Citra Lembaga Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di BMT UGT Nusantara Jombang. BIMA: Journal of Business and Innovation Management, 6(2), 135–145. https://doi.org/10.33752/bima.v6i2.5900
Fitriani, A., dkk. (2019). Pengaruh pembiayaan murabahah, Mudharabah dan non performing financing (npf) terhadap profitabilitas Bank umum Syariah terdaftar di Bank indonesia tahun 2014-2017. Jurnal widya ganecwara, 28(1). Retrieved from http://www.ejournal.utp.ac.id/index.php/JWG/article/view/835
Iwan Setiawan, (2020). Analisis Peran Perbankan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia: Bank Syariah Versus Bank Konvensional. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis DOI: https://doi.org/10.30871/jaemb.v8i1.1649
Juliahir Barata, (2024). Pengaruh dampak pembiayaan bank kalbar syariah terhadap pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat periode tahun 2010 – 2020. Jurnal Ekonomi Integra. DOI: https://doi.org/10.51195/iga.v14i1.333
Khoiriyah Handayani Dasopang, Mustapa Khamal Rokan, (2022). Pengaruh kualitas pelayanan dan produk pembiayaan terhadap minat dan keputusan menjadi nasabah di bank syariah Indonesia KCP. Kotapinang. SIBATIK JOURNAL, vol 1 No.6. DOI: https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i6.89
Koni, A., Hatta, I.., J., Kurniawan, W., & Albayan, A. (2021). Pembiayaan Mudharabah Bank Syariah dalam mewujudkan tujuan ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(1), 274-285. https://doi.org/10.31955/mea.v5i1.866
Kurniati, (2016). Teori Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia. Vol 4 No.1. DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2016.6(1).%25p
Lia Apri Yanti, (2021). Analisis Faktor-faktor yang Berpengagruh Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i3.2763
Luluk Farhatin Istiana, (2021). Pengaruh Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Pembiayaan Tabarok Pada BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Mabny: Journal of Sharia Management and Business. https://doi.org/10.19105/mabny.v1i01.4631
Miharta, K. J., & Khusnudin. (2022). Pengaruh Reputasi, Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Nasabah Mengambil Produk Pembiayaan Murabahah Pada Bank Muamalat Kc Kediri. NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah, 8(1), 57–65. https://doi.org/10.30997/jn.v8i1.6000
Muhammad Hafizh & Muhammad Arfan Harahap, (2020). Akad-akad produk Perbankan Syariah. Medan, Media Kreasi.
Muhammad Rifqi Ridha, dkkm (2024). Pengaruh Bagi Hasil, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Perbankan Syariah Tabungan Mudharabah. El-Aswaq: Islamic Economic and Finance Journal. https://jim.unisma.ac.id/index.php/laswq/article/view/23450
Nandia, L. S., & Nabila, R. (2021). Pengaruh Bagi Hasil, Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.56799/ekoma.v1i1.21
Putra. A. R. (2023). Pengaruh Motivasi Menghindari Riba, Persepsi Nasabah Dan Pengetahuan Produk Bank Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pembiayaan Bank Syariah Indonesia (Ex Bank Muamalat KCP Stabat) Kcp Malang Pasar Besar. Islamic Economics and Finance in Focus. Volume 2, No 1. DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ieff. 2023.02.01.10
Setiawan, S. (2023). Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah: Peran Literasi Keuangan Syariah, Kepercayaan, dan Citra Bank Syariah. Journal of Applied Islamic Economics and Finance, 3(2), 240-251. https://doi.org/10.35313/jaief.v3i2.4858
Suyanto, S., & Sari, T. Y. K. (2020). Pengaruh Pelayanan Dan Prosedur Perbankan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Pinjaman Pada BPR Naga Mulya Di Surabaya. Yos Soedarso Economic Journal (YEJ), 2(1), 55–60. https://ejurnal.uniyos.ac.id/index.php/ysej-server/article/view/YEJ-2108
Vera Ratnisa Sari Dangin, dkk (2023). Keputusan Masyarakat Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Dinar Ashri Kota Mataram. Hawalah: Kajian Ilmu Ekonomi Syariah. https://doi.org/10.57096/hawalah.v1i4.22
Wenni, A. N., & Canggih, C. (2021). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Produk Pembiayaan Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Jawa Timur. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan PerBankan Syariah, 5(1), 15-33. https://doi.org/10.24252/al-mashrafiyah.v5i1.14503