Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna E-wallet di Desa Muka Paya
Keywords:
Media Sosial, Perilaku Konsumtif, Pengguna E-walletAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumtif pengguna e-wallet di Desa Muka Paya. Subjek penelitian ini adalah pengguna e-wallet yang merupakan masyarakat Desa Muka Paya, sedangkan sampel ditetapkan menggunakan rumus slovin. Penelitian menggunakan survei, dan merupakan penelitian explanatory research yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh antara variabel melalui pengujian hipotesis. Pengolahan data dilaksanakan dengan model regresi linier sederhana dan diproses menggunakan program SPSS. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 variabel, yakni media sosial (X) sebagai variabel independen dan perilaku konsumtif pengguna e-wallet (Y) sebagai variabel dependen. Keseluruhan variabel disusun dalam suatu kuisoner, yang terdiri dari dimensi yang kemudian diuraikan dalam indikator- indikator. Dari analisis data yang peneliti dapatkan, diketahui media sosial berpengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku konsumtif pengguna e-wallet di Desa Muka Paya. Faktor-faktor berupa promosi yang agresif, konten produk yang menarik, ulasan konsumen yang positif, dan kemudahan komunikasi dengan penjual yang menjadi pendorong yang memperkuat daya tarik sebuah produk. Kemudahan transaksi yang ditawarkan e-wallet berkontribusi 21% dalam mendorong perilaku konsumtif.
References
Adhi. 2022. Transformasi Digital UMKM Jadi Prioritas Penguatan Fondasi Ekonomi. Diakses pada tanggal 31 Juli 2024, dari halaman https://www.kominfo.go.id/content/detail/40915/trasformasi-digital-umkm-jadi-prioritas-penguatan-fondasi-ekonomi/0/berita
Abidin Achmad, Z. … Cahyaningrum, I. 2020. Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31
Ali, M. M. … Afifah, S. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian, 2(2).
Angraini, F. … Fakhri, N. 2022. Fear of Missing Out (FOMO) dengan Kecanduan Media Sosial pada Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Psikologi Universitas Dipenogoro, 4(3), 185–196.
Ardianto, K., dan Azizah, N. 2021. Analisis Minat Penggunaan Dompet Digital Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Pengguna di Kota Surabaya. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 13.
Barus, C. S., dan Silalahi, D. 2021. Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sosmed Cafe Abdullah Lubis Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 21(2013), 1–15.
Dhimas, V. … Prakoso, A. F. 2024. Analisis Pengaruh Media Sosial Dan Penggunaan E-Wallet Terhadap Perilaku Konsumtif Fungsionaris Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Periode 2023, 3(1), 1–17.
Fadhillah, N. R., dan Ediyono, S. 2023. Perilaku Konsumtif Oleh Masyarakat Konsumsi Dalam Perspektif Teori Jean Baudrillard (Studi Kasus : Tiktok Shop). Marketgram Journal, 1(1), 39–43.
Farasyi, F. Al, dan Iswati, H. 2021. Pengaruh Media Sosial, E-Lifestyle dan Budaya Digital Terhadap Perilaku Konsumtif. Syntax Idea, 75(17), 399–405.
Fatmawatie Naning. 2022. E Commerce Dan Perilaku Konsumtif. Naning Fatmawatie. KENDIRI: IAIN Kendiri Press.
Hidayati, D., dan Sukardani, P. 2023. Perilaku Konsumtif Masyarakat Urban Dalam Fenomena Jastip (Studi Fenomenologi Pelanggan Perempuan Pada Layanan Jasa Titip Produk Fast Fashion). The Commercium, 7(2), 203–211.
Indriyani, R., dan Suri, A. 2020. PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MOTIVASI KONSUMEN PADA PRODUK FAST FASHION, 14(1), 25–34.
Ismawan, M. B., dan Pamungkas, H. P. 2022. Pengaruh Media Sosial Dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pada Online Shop. Jambura Economic Education Journal, 5(1), 32–41.
Kusumawardhany, S. S. … Anggun Putri Romadhina. 2021. Penerapan Literasi Keuangan Dalam Memahami Financial Technology. SULUH: Jurnal Abdimas, 2(2), 151–160.
Mufarizzaturrzkiyah … Leliya. 2020. E-COMMERCE PERILAKU GAYA HIDUP KONSUMTIF MAHASISWA MUSLIM Survey pada Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon (1 ed.). CIREBON: CV. ELSI PRO.
Pulungan, D. R., dan Febriaty, H. 2018. Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 103–110.
Pütter, M. 2017. The Impact of Social Media on Consumer Buying Intention. Journal of International Business Research and Marketing, 3(1), 7–13.
Rahmawati, D., dan Andhaniwati, E. 2024. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah, 6,
Rahmi, A. … Gafur, A. 2024. Penggunaan Media Sosial Tik Tok, Dompet Digital, Dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Pada Generasi Z Di Kota Banjarmasin. Al-Ujrah …, 2(February), 4–6.
Rembulan, N. D. R., dan Firmansyah, E. A. 2020. Perilaku Konsumen Muslim Generasi-Z Dalam Pengadopsian Dompet Digital. Valid Jurnal Ilmiah, 17(2), 111.
Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Cet. 4. Edisi Kedua. Bogor Penerbit Ghalia Indonesia. (R. Sikumbang, Ed.) (2 ed.). Bogor: Penerbit Ghalia Indonesi.
Widana, W., dan Muliani, P. L. 2020. Buku Uji Persyaratan Analisis. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang. Jawa Timur: Klik Media.
Widiastuti, R. N. 2018. Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial Dalam Lembaga Pemerintah. Jakarta.
Zada, C., dan Sopiana, Y. 2021. Penggunaan E-wallet atau Dompet Digital sebagai Alat Transaksi Pengganti Uang Tunai Bagi UMKM di Kecamatan Banjarmasin Tengah. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, 4(1).