Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas dan Motif Rasional Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Produk Bank SUMUT Syariah KCP Stabat

Authors

  • Cici Oktari STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Pengetahuan, Religiusitas, Motif Rasional

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pengetahuan, religiusitas dan motif rasional terhadap minat masyarakat menggunakan produk Bank SUMUT Syariah KCP Stabat baik secara parsial maupun simultan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan sumber data utama diperoleh melalui penyebaran angket kepada 100 responden orang nasabah Bank SUMUT Syariah KCP Stabat. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil pengolahan dan anailisis data dapat dijelaskan bahwa secara parsial pengaruh yang signifikan antara pengetahuan terhadap minat masyarakat menggunakan produk Bank SUMUT Syariah KCP Stabat, Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara religiusitas terhadap minat masyarakat menggunakan produk Bank SUMUT Syariah KCP Stabat. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara motif rasional terhadap minat masyarakat menggunakan produk Bank SUMUT Syariah KCP Stabat. Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan, religiusitas dan motif rasional secara bersama-sama terhadap minat masyarakat menggunakan produk Bank SUMUT Syariah KCP Stabat. Pengetahuan, religiusitas dan motif rasional mempengaruhi minat masyarakat menggunakan produk Bank SUMUT Syariah KCP Stabat sebesar 41,7% dengan Pengetahuan (X1) menyumbang 11%, Religiusitas (X2) menyumbang 17,5% dan Motif Rasional (X3)  menyumbang 13,2%.

References

Abdullah, T. (2021). Perbankan Syariah: Teori, Praktik, dan Perkembangan Kontemporer. Rajawali Press.

Andrianto, A., & Firmansyah, M. A. (2019). Manajemen Bank Syariah: Implementansi Teori dan Praktek. Qiara Media Pustaka.

Arikunto, S. (2023). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

ARNI, A. (2017). Pengaruh Motif Rasional Dan Motif Emosional Terhadap Pengambilan Keputusan Memilih Produk Gadai Emas Di Bank Syariah Mandiri (BSM) Palopo. Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Ascarya. (2022). Akad & Produk Bank Syariah. Raja Grafindo Persada.

Behaki, A., Salim, A., Renaldo, R., & Syariah, E. (2021). Pengaruh Promosi, Citra Perusahaan Dan Tingkat Religiusitas Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah BPRS Tanggamus. Dinar Islamic Review, 5(1), 35–48.

BUR, W. (2023). Analisis Minat Mahasiswa Iain Palopo Prodi Perbankan Syariah Angkatan 2019 Dalam Memilih Tabungan Wadiah Pada Bank Syariah Indonesia. Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Dewi, W. W. A., Febriani, N., Destrity, N. A., Tamitiadini, D., Illahi, A. K., Syauki, W. R., Avicenna, F., Avina, D. A. A., & Prasetyo, B. D. (2022). Teori Perilaku Konsumen. Universitas Brawijaya Press.

Dilla, M. (2020). Pengaruh Religiusitas, Motivasi dan Tingkat Bagi Hasil Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Bank Syariah di Kota Banda Aceh. UIN AR-RANIRY.

Hakim, F. W., Hasan, A., & Putra, I. (2022). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Produk Perbankan Syariah di Kota Bandar Lampung. Al-Mashrof: Islamic Banking and Finance, 3(2), 80–99.

IRWANA, I. (2021). Pengaruh Motif Rasional Terhadap Keputusan Memilih Jasa Bank Syariah Dengan Persepsi Sebagai Pemoderisasi. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.

Jumiati, J. (2020). Pengaruh Pengetahuan Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Memilih Produk Pembiayaan Mudharabah di Bank Syariah (Studi Pada Masyarakat Kelurahan Kamonji). IAIN Palu.

Khotimah, N. (2018). Engaruh Religiusitas, Kepercayaan, Citra Perusahaan, Dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Menabung Dan Loyalitas Di Bank Syariah Mandiri (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Gresik. JMM17: Jurnal Ilmu ekonomi dan manajemen, 5(01).

Lestari, A. M. (2015). Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Pada Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, 3, No.1, 1–18.

Mara, A., Sani, A., & Harahap, M. A. (2023). Pengaruh Motivasi Menghindari Riba, Pengetahuan Produk dan Religiusitas Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP Stabat. JEKSya: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 02(01), 410–424. https://www.ojk.go.id

Muti’ah, N. (2015). Pengaruh motif rasional dan motif emosional terhadap pengambilan keputusan memilih jasa perbankan syariah: studi pada mahasiswa Program Studi Mu’amalat Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nikmah, Z. (2013). Pengaruh dimensi religiusitas masyarakat santri desa Kajen kecamatan Margoyoso kabupaten Pati terhadap minat menabung (studi kasus pada BPRS Artha Mas Abadi). Skripsi, Fakultas Syari’ah Intitut Agama Islam Negeri Walisongo.

Rahayu, M. Y., & Fitriani, A. P. (2023). Pengaruh Literasi Digital, Fitur Layanan dan Brand Image Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Muamalat DIN Di Ponorogo. Falahiya: Journal of Islamic Banking and Finance, 2(1), 52–65.

Romdhoni, A. H. (2018). Pengaruh pengetahuan, kualitas pelayanan, produk, dan religiusitas terhadap minat nasabah untuk menggunakan produk simpanan pada lembaga keuangan mikro syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136–147.

Rustam, B. R. (2019). Marketing Bank Syariah 4.0 Konsep dan penerapan Digitalisasi Perbankan di Indonesia. UPP AMP YKPN.

Sahputra, J., & Harahap, R. A. (2022). Pengaruh religiusitas terhadap loyalitas nasabah. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 1–10.

Setiadi, N. J. (2017). Perilaku konsumen, Perspektif Kontemporer tujuan, dan keinginan konsumen (XI). Kharisma Putra Utama.

Setiadi, N. J., & Se, M. M. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga (Vol. 3). Prenada Media.

Sidi, V., & Melina, F. (2022). Pengaruh Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Produk Perbankan Syariah. ISLAMIC BUSINESS and FINANCE, 4(2), 131–143.

Sinulingga, N. A. B., Sihotang, H. T., & Kom, M. (2023). Perilaku Konsumen: Strategi dan Teori. Iocs Publisher.

Utamy, O. dhea budi. (2017). Pengaruh Pengetahuan Bank Syariah, Digital Marketing, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Negeri Purwokerto Tahun Angkatan 2016/2017). Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 6–7.

Downloads

Published

2024-12-25