Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Pembiayaan Ijarah Muntahiyah Bittamlik Pada Bank Syariah Indonesia KCP Stabat

Authors

  • Naimatul Ridho STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Pembiayaan, Ijarah Muntahiyah Bittamlik, Keputusan Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah memilih pembiayaan Ijarah Muntahiyah Bittamlik pada Bank Syariah Indonesia KCP Stabat dengan faktor atau variabel bebas yang dimaksud adalah Pengetahuan Produk, Promosi, Margin Keuntungan, dan Prosedur Pembiayaan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan sumber data utama diperoleh melalui penyebaran angket kepada 63 orang nasabah pembiayaan Ijarah Muntahiyah Bittamlik pada Bank Syariah Indonesia KCP Stabat. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil pengolahan dan anailisis data dapat dijelaskan bahwa baik secara parsial maupun simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan produk, promosi, margin keuntungan dan prosedur pembiayaan secara bersama-sama terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan Ijarah Muntahiyah Bittamlik pada Bank Syariah Indonesia KCP Stabat sebesar 41,9% dengan pengetahuan produk menyumbang 17,4%, promosi 12,3%, margin keuntungan 5,4% dan prosedur pembiayaan 10,5% serta  pengaruh yang ditimbulkan oleh variabel bebas yaitu positif atau sejalan.

References

Al Fasiri, M. J. (2021). Penerapan Al Ijarah Dalam Bermuamalah. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(2), 236–247.

Amalia, S. D., & Rakhman, F. (2022). Pengaruh Persepsi Nasabah dan Tingkat Margin terhadap Keputusan Nasabah Pembiayaan Murabahah di BSI KCP Bandung Geger Kalong. Jurnal Dimamu, 1(3), 267–274.

Andrianto, A., & Firmansyah, M. A. (2019). Manajemen Bank Syariah: Implementansi Teori dan Praktek. Qiara Media Pustaka.

Arifin, H. Z., & SH, Mk. (2021). Akad Mudharabah (penyaluran dana dengan prinsip bagi hasil). Penerbit Adab.

Arifiyanto, M., & Kholidah, N. (2020). Analisis pengaruh pengetahuan produk, persepsi manfaat dan promosi terhadap minat penggunaan uang elektronik berbasis server. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3).

Ascarya. (2022). Akad & Produk Bank Syariah. Raja Grafindo Persada.

Berlian, D., Andri, A., & Apriana, A. (2023). Perbandingan Pemberian Kredit Antara Bank Konvensional Dan Pembiayaan Bank Syariah Kepada Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal Perbankan Syariah Indonesia (JPSI), 2(2), 62–72.

Bungin, B. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, (Komunikasi, Ekonomi, dan Kebiijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya). Kencana.

Bungin, B. (2024). Metodologi Penelitian Kuantitatif, (Komunikasi, Ekonomi, dan Kebiijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya). Kencana.

Desky, M. (2022). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Pembiayaan Ijarah Muntahiyah Bittamlik Pada Bank Syariah Indonesia KCP Blangkejeren. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Fitriana, D. (2023). Analisis Pengaruh Pendapatan Nasabah, Tingkat Margin Dan Kemudahan Prosedur Pembiayaan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Pengambilan Pembiayaan Murabahah Di BMT Mentari Umat Wangon. Februari, 1–161.

Fitriyah, A. (2023). Pengaruh pengetahuan produk, promosi dan lokasi terhadap keputusan nasabah dalam memilih kredit usaha rakyat (KUR) Syariah pada BSI KCP Arjawinangun. S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

Ghozali, I. (2023). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayati, T., & Hidayatullah, M. S. (2021). Urgensi Fatwa DSN-MUI mengenai manajemen risiko pembiayaan berbasis syariah. Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 15(2), 201–220.

Huda, I. U. H., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. D. (2024). Pengaruh content marketing dan lifestyle terhadap keputusan pembelian pada usaha kecil menengah di media sosial. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 11(1), 69–81.

Iwu Iyansyah, M., Sari, S., Shaddiq, S., & Zainul, Z. (2021). Literasi Manajemen Komunikasi Pemasaran dalam Melaksanakan Etika dan Standar Periklanan.

Jannah, K., Hikmah, S. F., & Azhar, I. A. (2022). Pengaruh Margin Dan Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Keuasan Anggota Pada Pembiayaan Murabahah Di Bmt Muamalat Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 2(2), 208–219.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Prinsip-prinsip dan Strategi Pemasaran. Erlangga.

Kurniawan, R. (2022). Peranan Pembiayaan Warung Mikro Bank Syariah Mandiri dalam Meningkatkan Usaha Masyarakat Kecamatan Batang Toru. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(1), 17–30.

Latifah, E., & Abdullah, R. (2022). Konsep Margin, Ujrah Dan Bagi Hasil Dalam Ekonomi Syariah. Jitaa: Journal Of International Taxation, Accounting And Auditing, 1(02), 143–160.

Lestari, W. M., & Aliyudin, A. (2019). Pelaksanaan Akad Murabahah Bil Wakalah pada Produk Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (Kur) Mikro Ib di Bank Bri Syariah Kcp Majalaya. Al-Muamalat: Jurnal Ekonomi Syariah, 6(2), 179–190.

Maulana, F. R., Hasnita, N., & Evriyenni, E. (2020). Pengaruh pengetahuan produk dan word of mouth terhadap keputusan nasabah memilih bank syariah. JIHBIZ: Global Journal of Islamic Banking and Finance, 2(2), 124–137.

Munawar, T., & Fatkhan, A. H. (2019). Pengaruh prosedur pembiayaan terhadap keputusan pengambilan pembiayaan pada BPD Kalimantan Barat KCP syariah cabang Sintang. Jurnal Pendidikan Ekonomi.

Mustafa, F., Fani, R., Miftahuddin, M. A., Hapsari, I., Dwiyanti, R., Azizah, S. N., Wibowo, U. D. A., Satata, D. B. M., & Kharismasyah, A. Y. (2024). Manajemen Pemasaran. PT Penamuda Media.

Puspita, V. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Di Bank Bri Cabang S. Parman Bengkulu: Artikel. Creative Research Management Journal, 3(1), 41–50.

Ramadhani, H. M., Rahmi, M., & Fathoni, M. A. (2021). Pengaruh literasi keuangan syariah, promosi, kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah bank. Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar), 2, 689–704.

Salsabila, N. R., Hidayatullah, A. D., & Hussin, N. S. (2023). Bank syariah sebagai alternatif pembiayaan untuk meningkatkan ekonomi umat. Jurnal Ekonomi Islam, 14(1), 96–114.

Sisminawati, S., & Suminto, A. (2021). Dualisme Akad Ijarah Dan Ijarah Muntahiyah Bit-Tamlik (IMBT) Perspektif Fiqh Muamalah. Musyarakah: Journal of Sharia Economic (MJSE), 1(1), 80–88.

Suardika, I. K. (2019). Pengaruh Prosedur Kredit Dan Tingkat Suku Bunga Kredit Terhadap Keputusan Mengambil Kredit Pt Bank Negra Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Karangasem. Artha Satya Dharma, 12(1), 54–69.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.

Zunaini, A. (2019). Pengaruh Tingkat Margin Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Pada Pembiayaan Murabahah Tahun 2016-2018. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Downloads

Published

2024-12-25