Pengaruh Motivasi Dan Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank SUMUT Syariah KCP Stabat
Keywords:
Motivasi, Literasi Keuangan Syariah, Keputusan NasabahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan literasi keuangan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah Bank SUMUT Syariah KCP Stabat baik secara parsial maupun simultan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan sumber data utama diperoleh melalui penyebaran angket kepada 100 responden orang nasabah Bank SUMUT Syariah KCP Stabat. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil pengolahan dan anailisis data dapat dijelaskan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap keputusan menjadi nasabah Bank SUMUT Syariah KCP Stabat. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi keuangan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah Bank SUMUT Syariah KCP Stabat. Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi dan literasi keuangan syariah secara bersama-sama terhadap keputusan menjadi nasabah Bank SUMUT Syariah KCP Stabat, nilai Fhitung diperoleh 26,802 dengan nilai signifikasi 0,000. Karena nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai Fhitung > Ftabel (26,802 > 3,09), maka variabel bebas secara simultan berpengaruh terhadap variabel terikatnya. Motivasi dan literasi keuangan syariah mempengaruhi keputusan menjadi nasabah Bank SUMUT Syariah KCP Stabat sebesar 35,6% dengan Motivasi (X1) menyumbang 16,5% dan Literasi Keuangan Syariah (X2) menyumbang 19,1%.
References
Alam, A. P., & Lubis, J. (2021). Analisis faktor yang mempengaruhi non muslim menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia di Medan. Islamic Circle, 2(1), 16–27.
Alam, A. P., Sinaga, A., Syafira, F. A., & Putra, R. R. (2019). Persepsi Masyarakat Tentang Keberadaan Bank Syariah Indonesia Cabang Pembantu Stabat. Journal Economy And Currency Study (JECS), 1(1), 52–63.
Andrianto, A., & Firmansyah, M. A. (2019). Manajemen Bank Syariah: Implementansi Teori dan Praktek. Qiara Media Pustaka.
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Bugis, S. W., & Anggraini, T. (2023). Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Kualitas Layanan, Sosialisasi Produk Dan Literasi Nasabah Terhadap Eksistensi Bank Syariah Indonesia (BSI) di Tapanuli Tengah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 841–846.
Dahlia, M. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Menggunakan Lembaga Keuangan Syariah (Studi pada Dosen UIN Ar-Raniry). UIN AR-RANIRY.
Dilla, M. (2020). Pengaruh Religiusitas, Motivasi dan Tingkat Bagi Hasil Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Bank Syariah di Kota Banda Aceh. UIN AR-RANIRY.
Fauzi, A., & Murniawaty, I. (2020). Pengaruh religiusitas dan literasi keuangan syariah mahasiswa terhadap minat menjadi nasabah di bank syariah. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 473–486.
Ghozali, I. (2023). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayat, M. (2020). Strategi Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Deepublish.
Huda, I. U. H., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. D. (2024). Pengaruh content marketing dan lifestyle terhadap keputusan pembelian pada usaha kecil menengah di media sosial. Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 11(1), 69–81.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Prinsip-prinsip dan Strategi Pemasaran. Erlangga.
Kusumawati, N. N. (2019). pengaruh pengetahuan dan motivasi terhadap keputusan menjadi nasabah di bri syariah kcp ponorogo. IAIN Ponorogo.
Lestari, N. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Mahasiswa Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2017). UIN Raden Intan Lampung.
Nadila, N. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Produk Bank Syariah. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO.
Nuraini, P., Alfani, M. H., Muyasaroh, N., & Adawiyah, R. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Persepsi Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 6(1), 291–304.
Nurrohmah, R. F., & Purbayati, R. (2020). Pengaruh tingkat literasi keuangan syariah dan kepercayaan masyarakat terhadap minat menabung di bank syariah. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), 3(2), 140–153.
Nurulhuda, E. S., & Lutfiati, A. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi literasi keuangan. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 111â.
Pohan, A. P. A., Sakdiah, K., & Sinaga, A. (2023). Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah Dan Produk Akad Bank Syariah Bagi Masyarakat Desa Pulau Sembilan. Fusion: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 33–42.
Puspita, V. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Di Bank Bri Cabang S. Parman Bengkulu: Artikel. Creative Research Management Journal, 3(1), 41–50.
Rahim, S. H. A., Rashid, R. A., & Hamed, A. B. (2016). Islamic financial literacy and its determinants among university students: An exploratory factor analysis. International Journal of Economics and Financial Issues, 6(7), 32–35.
Ramadhani, H. M., Rahmi, M., & Fathoni, M. A. (2021). Pengaruh literasi keuangan syariah, promosi, kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah bank. Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar), 2, 689–704.
Riyadi, S. (2022). Peran Motivasi Kerja, Stres Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jejak Pustaka.
Rosana, M. (2023). Urgensi Penerapan Prinsip Syariah Terhadap Lembaga Keuangan Syariah. Lunggi Journal, 1(2), 289–300.
Ruwaidah, S. H. (2020). Pengaruh literasi keuangan syariah dan shariah governance terhadap keputusan mahasiswa dalam menggunakan jasa perbankan syariah. Muhasabatuna: Jurnal Akuntansi Syariah, 2(1), 79–106.
Sabila, N., Sani, A., & Alam, A. P. (2022). Peran PT. Bank SUMUT Syariah KCP Stabat Dalam Mendorong Usaha Kecil Dan Menengah. AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 4(1), 54–69.
Salim, F., Arif, S., & Devi, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, dan Religiusitas terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(2), 226–244.
Setiadi, N. J. (2022). Perilaku Konsumen dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media.
Sopiah. (2023). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan jurnal Penelitian. Andi Offset.
Suardika, I. K. (2019). Pengaruh Prosedur Kredit Dan Tingkat Suku Bunga Kredit Terhadap Keputusan Mengambil Kredit Pt Bank Negra Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Karangasem. ARTHA SATYA DHARMA, 12(1), 54–69.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2 ed.). CV. Alfabeta.
Werdiningsih, R., Munawar, Z., Rihfenti Ernayani, S. E., AK, M., Cahyadi, N., S ST, M. M., Sos, N. S., Afnanda, M., Khasanah, S. P., & Kom, M. (2023). Konsep Dasar Teori Organisasi. Cendikia Mulia Mandiri.
Zihanuddin, M. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Studi Pada UMKM Kelurahan Tanjung Pura Langkat. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 3(3), 1–15.
Zunaini, A. (2019). Pengaruh Tingkat Margin Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Pada Pembiayaan Murabahah Tahun 2016-2018. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.