Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Membeli Keripik Cinta Mas Hendro

Authors

  • Nurul Husna STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Etika Bisnis Islam, Kualitas Produk, Keputusan Membeli

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Keripik Cinta Mas Hendro pada konsumen yang pernah melakukan pembelian ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh etika bisnis Islam dan kualitas produk terhadap keputusan membeli pada Keripik Cinta Mas Hendro kecamatan gebang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dimana sampel yang diambil sebanyak 100 responden yaitu seluruh konsumen Keripik Cinta Mas Hendro dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu mengedarkan pertanyaan dalam bentuk kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel etika bisnis Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dibuktikan dengan nilai T hitung > T tabel yaitu 1,897 >1,66071 dengan nilai probabilitas signifikansi 0,061 < 0,05. Secara parsial variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan membeli dibuktikan dengan nilai T hitung > T tabel yaitu 6,6156 > 1,66071 dengan nilai probabilitas signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji R2 pengaruh yang diberikan oleh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 62,4% sedangkan sisanya 37,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Selanjutnya, variabel etika bisnis Islam dan kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 80,549 > 3,09, dan nilai signifikan 0,000 < 0,05.

References

Aziz, I. A. (2022). “Pengaruh Customer Review, Customer Rating, Harga, Dan Etika Bisnis Islam Terhadap Minat Beli Produk Fashion Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Islam Fiai Uii Angkatan 2017-2019”. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Bagida, Dina Lorensa, dkk. (2021). “Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat pada CV. Lion Jailolo. Jurnal Producticity, 2(2).

Dahmiri, D., & Bhayangkari, S. K. W. (2020). “Pengaruh Store Atmosphere, Etika Bisnis dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen”. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 1-5.

Jamaludin, N., & Nursakinah, Y. (2022). “Etika Bisnis Syariah: Studi Kasus Pada Warung Sembako Kelurahan Binong Kabupaten Tangerang”. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 13(1), 61-87.

Kolter, Philip dan Armstrong, Gary. (2010). “Principles of Marketing”. Thirteenth Edition. New Jersey: Pearson Education.

Maulida, dkk. (2024). “Etika Bisnis Islam:Implementasi Prinsip Keadilan dan Tanggung Jawab dalam Ekonomi Syariah”. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 6(1).

Maulidya, R. N., Kosim, A. M., & Devi, A. (2019). “Pengaruh Etika Bisnis Islam Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Syariah Di Bogor”. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 11(2), 221-240.

Mubarokah, S., & Rita, R. M. (2020). “Anteseden perilaku konsumtif generasi milenial: Peran gender sebagai pemoderasi”. International Journal of Social Science and Business, 4(2), 211–220.

Musayana, M., Suyadi, B., & Suharso, P. (2018). “Pengaruh Etika Bisnis Ud. Sumber Jaya Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pasar Mimbaan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo”. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(2), 76-81.

Musfar, Tengku Firli. (2021). Manajemen produk dan merek. Bandung : CV. Media Sains Indonesia.

Nursyamsiah, I., & Nopianti, N. (2021). “Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Rofi Collection Ciamis”. Jurnal Ekonomi Rabbani, 1(1), 52-62.

Rachmarwi, W. (2019). “Pengaruh Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Bebek H. Slamet Cabang Joglo, Jakarta Barat”. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(1), 30-38.

Rusidah, R. (2020). “Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pedagang Sembako Di Desa Sungai Junjangan Kecamatan Batang Tuaka”. (Doctoral dissertation, STAI Auliaurrasyidin Tembilahan). Salemba Empat.

Sari, S. P. (2020). “Strategi Meningkatkan Penjualan Di Era Digital”. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 291- 300.

Sholihah, F.A. & Indrarini, R. (2019). “Pengaruh Presepsi Pelanggan Terkait Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna E-Commerce. Jurnal Ekonomi Islam, 2 (3), 156-162.

Sutrisni, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas pelayanan, Desain Produk, Harga Dan KepercayaanTerhadap Loyalitas Pelanggan Indosat IM3 Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang”, Skripsi, Fakultas Ekonomi: Universitas Diponegoro, 2010, h.31

Tambunan, T.H. Tulus. (2021). UMKM DI INDONESI:Perkembangan, Kendala, dan Tantangan. Jakarta:PRENADA.

Wahyuningsih, R., & Sujianto, A. E. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UMKM Enderese Di Desa Bareng”. Jurnal Ekonomi Integra, 12(2), 123-132.

Wijaya, Hendry. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin (Studi Kasus Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Musi Banyuasin). Jurnal Ecoment Global, 2 (1).

Downloads

Published

2024-12-26