Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Haji Pada Bank Sumut Syariah KCP. Stabat

Authors

  • Cut Meutia STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Pelayanan, kepuasan nasabah, bank syariah, Kepuasan Jamaah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Sumut Syariah Kantor Cabang Pembantu Stabat. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Sumut Syariah Stabat. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kuantitatif dengan metode lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif dan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Sumut Syariah Stabat dan sampel yang berjumlah 99 responden. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Penelitian ini menggunakan pengujian alat instrumen validitas dan realibilitas. Uji asumsi klasik yakni uji normalitas dan regresi, yang kemudian dilanjutkan kepada uji t apabilah telah memenuhi uji alat instrumen penelitian dan uji asumsi klasik. Hasil pengujian alat instrumen munjukkan bahwa pernyataan yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan valid dengan variabel (X) rhitung 0,192> rtabel 0,1975 dan variabel (Y) rhitung 0,938> rtabel 0,1975. Pernyataan yang digunakan juga dinyatakan reliabel dengan nilai Cronbach’s Alpha 0,848>0,60. Hasil uji asumsi klasik menyatakan data dalam penelitian ini berdistribusi normal dengan nilai sig.0,302>0,05. Uji korelasi menyatakan variabel X dan variabel Y memiliki hubungan dengan nilai sig.0,000<0,05 dan termasuk dalam kategori kuat dengan nilai Pearson Correlation sebesar 0,739. Hasil penelitian menyatakan uji t yang menunjukan variabel bebas pelayanan (X) t hitung 10,796 > 1,661 t tabel dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 H0 ditolak. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah bank Sumut Syariah Stabat.

References

Al Arif, M. N. (2020). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Ali, Z. (2018). Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Sinar Grafika.

Alma, B. (2019). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anshori, A. G. (2019). Perbankan Syariah di Indonesia. Yogyakarta: Gajah Mada Universiti Press.

Bungin, B. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Daulay, A. N. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Perkembangan Produk Tabungan Haji Perbankan Syariah Di Indonesia. Jakarta: Human Falah Press.

Ervaningroom, R. (2018). Aplikasi Produk Tabungan Haji BRI Syariah IB d i BRI Syariah KCP Demak. Yogyakarta: Institut Agama Islam Negri Salat iga.

Fahmi. (2018). Manajemen Pengambilan Kepuasan. Bandung: Alfabeta.

Fatoni, M. A. (2018). Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Hukum Islam. Jakarta: Jurisdictie Jurnal Hukum dan Syariah Vol. 9.

Kasmir. (2019). Bank dan lembaga keuangan. Jakarta: Raja Grafindo.

Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: SMTG Desa Putra.

Masyur, N. A. (2019). Metodologi Riset Manajemen Pemasaran . Jakarta: UIN- MalikiPres.

Moleong, L. J. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mufraini, M. A. (2021). Dana Haji Indonesia Harapan Dalam Paralogisme Pengelolaan Dan Teorisasi Keungan Syariah. Jakarta: Prenada.

Muhammad. (2019). Etika Bisnis Islam. Yogyakarta: Akademi Menajemen Perusahaan YKPN.

Nasution, D. d. (2019). Manajemen Perbankan Syariah. Jakarta: Pustaka Media.

Noor, H. C. (2019). Memberikan Pelayanan Prima Nasabah. Bandung: Quantum Express.

Rafidah. (2019). Kualitas Pelayanan Islami Pada Perbankan Syariah. NALAR FIQIH. Vol. 10, No. 2 , 113-126.

Rianto, N. (2020). Pengantar Ekonomi Syariah: Teori dan praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Setiawan, B. (2019). Menganalisa Statistik Bisnis dan Ekonomi dengan SPSS 21. Yogyakarta: Andi Press.

Suharsaputra, U. (2018). Metode Penelitian (Kuanititatif, Kualitatif, dan Tindakan). Bandung: PT Refika Aditama.

Sulistiyono, M. A. (2019). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Promosi dan Tingkat Pendapatan Konsumen Terhadap Kepuasan Menjadi Nasabah Bank Syariah. Yogyakarta: UII Press.

Suryani. (2019). Analisis Faktor Kualitas Pelayanan di Bank Syariah. Jakarta: Pustaka Azzam.

Sutisna. (2019). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Rosda Karya.

Ujang, S. (2019). Perilaku Pelanggang: Teori Penerapannya Dalam Pemasaran . Bogor: PT Ghalian Indonesia.

Published

2024-12-27