Pengaruh Efisiensi Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking
(Studi Pada Bank SUMUT Syariah Stabat)
Keywords:
Efesiensi, Keamanan, MinatAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah dua variabel independen pada penelitian ini yaitu efisiensi (X_1) dan keamanan (X_2) berpengaru terhadap variabel dependen yaitu minat nasabah bertranksasi menggunakan mobile banking pada Bank Sumut Syariah Stabat (Y). Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, yang mana pendekatan ini akan mengasilkan pengaruh antara kedua jenis variabel yaitu variabel independen dan dependen dalam bentuk matematis angka. Teknik pengumpulan data yang di gunakan pada penelitian ini adalah dengan dua cara yaitu dengan wawancara dengan pihak bank Sumut Syariah stabat dan penyebaran kuisioner kepada responden yang berjumlah 100 orang. Metode analisa statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Nilai pada variabel efesiensi thitung > ttabel yaitu (7,32 > 1,66) dengan nilai signifikansi yang dihasilkan lebih kecil dari ketentuan yaitu (0,00 < 0,05). Hal ini membuktikan bahwa variabel efesiensi berpengaruh terhadap minat nasabah dalam bertransaksi menggunakan mobile banking. Sedangkan Nilai pada variabel keamanan thitung > ttabel yaitu (5,29 > 1,66) dengan nilai signifikansi yang dihasilkan lebih kecil dari ketentuan yaitu (0,00 < 0,05). Hal ini membuktikan bahwa variabel keamanan berpengaruh terhadap minat nasabah dalam bertransaksi menggunakan mobile banking. Sementara itu untu kedua variabel yaitu Efisiensi dan keamanan secara bersama-sama berpengrauh terhadap minat nasabah dalam bertransaksi menggunakan mobile banking.Hal ini di buktikan dengan nilai R square yang dihasilkan sebesar 0,87 atau 87,%, dan nilai Fhitung > Ftabel (329,43 >2,70), dan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05).
References
Adhi Prakosa dan Ahsan Sumantika., 2019 Analisa Pengaruh Persepsi Teknologi Dan Persepsi Risiko Terhadap Kepercayaan Pengguna M-Banking Jurnal Manajemen 9(2) Hal.270 https://www.researchgate.net/profile/Adhi
Dandy Kurnia,. 2020. pengaruh fitur, kemudahan penggunaan, keamanan, dan promosi, terhadap keputusan penggunaan digital banking jenius pt. bank tabungan pensiun nasional, UG JURNAL (14) 3.
Deby Triana et al., (2020). Peran Layanan Mobile Banking Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Bank Syariah. Jurnal Muhammadiah Manajemen Bisnis, 2(1) Hal.182 https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JMMB/article/view/8322
Diah Ayu Pitaloka., 2022. Pengaruh Efisiensi, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu Bank Syariah Indonesia (Studi Pada Masyarakat di Kota Cirebon). Surakarta: UIN RADEN MAS SAID.
Imam Sugih Rahayu., 2015 Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptanc Model (TAM). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia. 5(2) https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/206
Kiki Lestari., 2022. Literatur Riview Determinansi Volume Transaksi Di Masa Pandemic Covid 19, Strategi, Teknologi, Dan Mobile Banking, Jurnal Ekonomi Manajemen System Informasi 3(3) Hal.361 https://www.dinastirev.org/JEMSI/article/view/888
Muhammad Arfan Harahap, 2020. Produk Dan Akad Perbankan Syariah DiIndonesia (Medan: CV. Merdeka Kreasi Group, 2020).
Mukhtisar, Tarigan , dan Evriyenni ,. 2020. Pengaruh Efisiensi, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Bertransaksi Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Ulee Kareng Banda Aceh) Global Journal of Islamic Banking and Finance, 3(1). Hal.57 https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/jihbiz/article/view/9632
Risma Afifah., 2017 Pengaruh Manfaat, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Ketersediaan Fitur Terhadap Penggunaan Mobile Banking Bank Syariah Mandiri, (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2017) hal. 2 https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36307
Muhammad Arfan Harahap dan Muhammad Hafizh. 2020. Produk Dan Akad Perbankan Syariah DiIndonesia Medan : CV. Merdeka Kreasi Group.
Muhammad Zuhirsyan dan Nurlinda., 2018. Pengarus Religiusitas dan Perspsi Nasabah terhadap Keputusan Memilih Bank Syariah” Jurnal Al-Amwal 10(1) Hal. 54 https://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/amwal/article/view/2812
Nur mawaddah., 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank Syriah. Etikonomi 14(2) Hal. 243 https://web.archive.org/web/20170413155411id_/http://www.journal.uinjkt.ac.id:80/index.php/etikonomi/article/viewFile/2273/pdf
Rio Makkulau Wahyu., 2020. Dewan Pengawas Syariah Pada Bank Syariah (Tinjauan Undang – Undang Perbankan Syariah) Al-Azhar Journal Of Islamic Economics. 2(2) Hal. 83 https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1997207
Muhammad Ardy Zaini. 2014 Konsepsi Al-quran Dan AL-Hadits Tentang OPerasional Bank Syariah Jurnal Iqtishodun. 4(1) Hal. 30 https://www.ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/iqtishoduna/article/view/14
Ni Wayan Dewi Mas Yogi dan Dodik Ariyanto,. 2017. Penerapan Model UTAUT2 Untuk Menjelaskan Minat Dan Perilaku Penngguna Mobile Banking Di Kota Denpasa. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 18(2) https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/download/25548/17816
Tatik Suryani, 2012. Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran Yogyakarta : Graham Ilmu
Salman Al Parisi., 2017. Tingkat Efisiensi Dan Produktivitas Lembaga Zakat Di Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(1) Hal. 69 https://core.ac.uk/download/pdf/297665575.pdf
Priestiani Putri Rahayu., 2019. Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking (Studi Empiris pada Mahasiswa di Yogyakarta)
Moh. Abd. Rahman, Nurul Fadila, dan Nuntupa,. 2023 Pengaruh persepsi kepercayaan persepsi risiko dan manfaat minat pengguna mobile banking Syariah, Jurnal Ilmu Syariah (4)1
Teo Wildan dan Albari,. 2023. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening Secara Online, Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM) (3) 1.
Meutria Salma ,Refi Rifaldi, dan Windya Giri,. 2023. Digital Skill Confirmation Factor Analysis on the Use of Mobile Banking Services in the City of Surakarta, Ilomata International Journal of Management. (4)2.