Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah PNS Menggunakan Produk Dana Pensiun Pada PT Bank Syariah Indonesia KCP Stabat
Keywords:
Minat nasabah, Dana pensiun syariah, Bank Syariah Indonesia, Pengetahuan produk, Kualitas pelayanan, PromosiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam menggunakan produk tabungan dana pensiun syariah di Bank Syariah Indonesia (BSI). Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner kepada 52 responden. Data dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif dan inferensial, seperti uji t dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pengetahuan produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah PNS (Y) untuk menggunakan produk tabungan pensiun syariah. Selain itu, kualitas pelayanan (X2), kepercayaan nasabah (X3), promosi produk (X4) juga berperan penting dalam meningkatkan minat nasabah. Berdasarkan uji t, nilai t-hitung untuk faktor pengetahuan produk (X1) adalah 2,747, lebih besar dari nilai t-tabel 1,66140, yang mengindikasikan pengaruh signifikan terhadap minat nasabah. Adapun untuk faktor kualitas pelayanan (X2), hasil uji t menunjukkan pengaruh positif yang signifikan terhadap minat nasabah. Promosi produk (X3) dan kepercayaan nasabah (X4) juga memperlihatkan pengaruh signifikan terhadap minat menabung dana pensiun. Faktor minat nasabah PNS pensiun (Y) menjadi salah satu pertimbangan penting dalam menarik minat nasabah. Penelitian ini menyarankan agar Bank Syariah Indonesia terus mengembangkan strategi promosi dan meningkatkan kualitas pelayanan untuk lebih menarik perhatian nasabah PNS terhadap produk dana pensiun syariah.
References
Ahmad Nurul Hamdani. 2021. ―Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menabung Di Bank Syariah Indonesia Sudirman Kc Tulungagung.‖ Ekonomi Syariah IAIN Ponorogo 1(1): 12–24.
Asmawarna Sinaga, Muhammad Arfan Harahap,Anjur Perkasa Alam, Murni Agustina, Wirdany.2021. "Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Nasabah Untuk Menabung Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Stabat."EI-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam",2021
Fajar Rezky Maulana, N. H. (2020). Pengaruh Pengetahuan Produk dan. Global Journal of Islamic Banking and Finance, 2(2).
Firmansyah, A. F. (2019). Pengaruh Pengetahuan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Islam, 2(3).
Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multiveriate Dengan Program SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hendra Teguh, R. A. (2022). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.
Irawan, Hendi. 2018. ―Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Memutuskan Menabung Di Bank Syariah Mandiri Cabang Malang.‖ Ekonomi Islam Uin Malang 1(1): 12–32.
Kasmir. 2021 Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Cetakan 5Liana. (2019). Pengaruh MRA Dengan Spss Untuk Menguji Variabel Moderating Terhadap Hubungan Antara Variabel Independent Dan Variabel Dependen. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, XIV(2).
Loyalitas Nasabah Perbankan Syariah‖, dalam Jurnal Perbankan, (Yogyakarta:Universitas PGRI Yogyakarta), h. 684-685
Muchamad Rifanto. 2017. ―Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Produk Dana Pensiun Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Produk Dana Pensiun ( Studi Kasus Pada Bank Muamallat Cabang Yogyakarta).‖ Ekonomi Syariah Uin Yogja.
Muhammad Arfan Harahap.2021. "Lembaga Keuangan Bank Non-Bank (LKNB) Insan Cendikia Mandiri,Sumatera Barat
Muhammad, 2002 Manajemen Bank Syariah, (Yogyakarta: (UPP) AMP YKPN,
Priyatno, D. (2019). Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS . Yogyakarta : Gava Media.
Suharsini Arikunto. 2008 Prosedur Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.
Sujianto, A. E. (2019). Aplikasi Statistik Dengan Spss 16. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.
Tjiptono, F. (2019). Manajemen Jasa . Yogyakarta: Andi Offset.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1992 Tentang Dana Pensiun.
Wahyono, I. N. (2018). Influence of Store Atmosphere, Product Knowledge and Brand Image toward Purchase Decision through Word of Mouth. Management Analysis Journal, 7(2).