Analisis Pemberian Denda Ta’zir Pada Produk Pembiayaan iB Kepemilikan Rumah Dalam Meningkatkan Kepatuhan Nasabah
(Studi Kasus Pada PT. Bank Sumut Syariah KCP Stabat)
Keywords:
Dana ta’zir, Kepatuhan, PembiayaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan ta’zir dalam hal meningkatkan kedisiplinan dan untuk mengetahui bagaimana tata kelola dana ta’zir pada Bank Sumut Syariah KCP Stabat. Ta’zir perlu diperhatikan lebih lanjut bukan hanya pada penyaluran dana non halal tersebut tapi bagaimana cara penarikan dana denda dari nasabah tersebut apakah sesuai dengan fatwa DSN MUI No:17/DSN-MUI/IX/2000. Ta’zir diberlakukan pada nasabah yang mampu membayar dan terindikasi menunda-nunda pembayaran. Apabila nasabah tidak mempunyai i’tikad baik, pihak Bank Sumut Syariah KCP Stabat dapat mengambil kebijakan perusahaan dengan prosedur hukum atau dengan jalan musyawarah. Pada Bank Sumut Syariah KCP Stabat, dana ta’zir tersebut bukan merupakan termasuk pendapatan bank dan tidak boleh untuk gaji pegawai atau pun kegiatan operasional. Dana ta’zir tersebut dikelola dengan disalurkan kedalam bentuk dana kebajikan atau dana sosial. Dalam penelitian yang telah dilakukan oleh penulis ada beberapa permasalahan yang dapat menyebabkan liquiditas, sharia compliances pada bank sumut cabang syariah tersebut dapat terganggu, kurangnya karyawan menganalisa pembiayaan yang dapat menjadi wanprestasi, masih kurangnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki bank dalam menerapkan denda dan juga dalam pengelolaannya.
References
Ahmad Syarbaini, (2023). Konsep Ta’zir Menurut Perspektif Hukum Pidana Islam, Jurnal Tahqiqa, Vol. 17, No. 2. file:///C:/Users/HP/Downloads/3.+Ahmad+Syarbaini_hal.+37-48.pdf.pdf
Ali Idrus, (2023). Implementasi Ta’widh Dan Ta’zir Serta Pendistribusiannya Dalam Akad Murobahah Pada Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Manajemen Dakwah. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jmd
Darryl Anne Lanita Simanungkalit, Siti Nur Amaliah, Adinda Zahra Andriyani, & Dwi Desi Yayi Tarina. (2023). Analisis Yuridis Wanprestasi Atas Perjanjian Jual Beli Online. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 5(03), 23-31. Retrieved from https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/997
Firman Wahyudi, (2017). Mengontrol Moral hazard Nasabah melalui instrumen ta’zir dan ta’widh. Jurnal AL-BANJARI. DOI: http://dx.doi.org/10.18592/al-banjari.v16i1. 1357
Hamdi Agustin, (2020). Teori manajemen resiko bank syariah. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance. DOI: https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).11251
Hamli Syaifullah, (2021). Ta’widh Dan Ta’zir Perspektif Mufassir Klasik Dan Implementasinya Di Bank Syariah. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/malia.v5i1.10196
Harahap, S. (2023). Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Pada Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (Kpr) Di Bank Sumut Syariah Kcp Karya. JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 4(1), 30–44. Retrieved from https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/JPSDa/article/view/2520
Hasibuan, H. R., Imsar, I., & Harahap, R. D. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Wanprestasi Dalam Penyelesaian Produk Pembiayaan Multijasa Di Pt. Bprs Al-Washliyah Krakatau. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 564-570. Retrieved from https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/saintek/article/view/2058
Muthoifin, M., Maryati, T., Apriantoro, M. S., & Hambali, A. I. (2023). Ta’zir dan Ta’widh sebagai Strategi Pendekatan Mengatasi Moral Hazard Nasabah. Prosiding University Research Colloquium, 85–95. Retrieved from https://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2278
M. Soleh Mauludin. (2020). Analisa Manajemen Resiko Untuk Mengurangi Moral Hazard Nasabah Pembiayaan Murabahah BRI Syariah Pare. El-Faqih: Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam, 6(2), 75-79. Retrieved from https://www.ejournal.iaifa.ac.id/index.php/faqih/article/view/184
Nasfi, (2023). Pengetahuan, Fitur Produk Dan Kebutuhan Produk Terhadap Keinginan Mengunakan Jasa Layanan Bank Syariah di Pondok Pesantren. Al-bank: Journal Islamic Banking and Finance. DOI: http://dx.doi.org/10.31958/ab.v3i1.8296
Rosyidi Hamzah, (2020). Penerapan Azas Kekeluargaan dan Keadilan pada Penyelesaian Kredit Bermasalah pada Pembiyaan Perumahan Di Indonesia. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING). DOI: https://doi.org/10.31539/costing.v3i2.1141
Rena Anggi Permatasari, (2023). Tinjauan Yuridis Penyelesaian Kredit Bermasalah Melalui Lelang Hak Tanggungan. ADIL: Indonesia Jurnal. DOI: https://doi.org/10.35473/aij.v4i2.2396
Sumiati, (2023). Strategi Penyelesaian Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bermasalah DI PT. Bank Sumut Syariah KCP Stabat. Journal of Management, Economic and Accounting (JMEA). https://pusdikra-publishing.com/index.php/jisc/article/view/1150
Pradana, A., & Erdkhadifa, R. (2023). Analisis Pengaruh Produk Pembiayaan Dan Risiko Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Periode 2014-2021. Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, Dan Bisnis Islam (SOSEBI), 3(1), 38-55. https://doi.org/10.21274/sosebi.v3i1.6141
Pramana, A., Affandi, I., & Zulhendry. (2022). Pengaruh Tabungan Wadiah dan Deposito Mudharabah Terhadap Pembiayaan Murabahah PT Bank Sumut Syariah. Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 2(1), 24–34. Retrieved from https://ojs.polmed.ac.id/index.php/Bilal/article/view/686
Yunike Veren, (2023). Analisis Proses Pemberian Kredit Umkm Dan Penyelesaian Kredit Bermasalah Pada PT. Bank Mandiri (Persero) TBK Kota Manado (Studi Kasus Pada Bank Mandiri cabang Dotulonglasut Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51370