Analisis Literasi Keuangan Menggunakan Emas Sebagai Instrumen Investasi Pada Masyarakat Desa Pematang Tengah Kecamatan Tanjung Pura

Authors

  • Daffa Dhana Safutra STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Literasi Keuangan, Investasi Emas, Cicil Emas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bertujuan mengetahui literasi keuangan menggunakan emas sebagai instrumen investasi pada masyarakat Desa Pematang Tengah Kecamatan Tanjung Pura. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dengan sumber data utama diperoleh melalui wawancara kepada masyarakat Desa Pematang Tengah Kecamatan Tanjung Pura sebanyak 26 responden sesuai dengan kriteria yang teolah ditentukan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan literasi keuangan menggunakan emas sebagai instrumen investasi pada masyarakat Desa Pematang Tengah Kecamatan Tanjung Pura yang cukup baik karena mayoritas masyarakat di desa ini memahami tentang manfaat investasi emas. Emas dipilih sebagai instrumen investasi karena dianggap sebagai alat yang aman, mudah dipahami, dan bisa dicairkan kapan saja sesuai kebutuhan. Selain itu, emas juga dianggap sebagai cadangan kekayaan yang tidak terpengaruh oleh fluktuasi harga yang tajam seperti saham atau properti. Penggunaan emas sebagai instrumen investasi pada masyarakat Desa Pematang Tengah Kecamatan Tanjung Pura sudah cukup tinggi dan sebagian besar masyarakat lebih memilih emas sebagai instrumen investasi karena dianggap lebih aman, stabil, dan fleksibel dan emas yang digunakan untuk investasi mayoritas adalah emas perhiasan. Produk cicilan emas sebagai sarana investasi emas pada masyarakat Desa Pematang Tengah Kecamatan Tanjung Pura diterima dengan baik oleh masyarakat dan mayoritas masyarakat melakukan cicil emas di Pegadaian Tanjung Pura dengan membayar cicilan setiap bulan kepada karyawan Pegadaian yang datang ke rumah. Meski demikian belum banyak masyarakat yang menggunakan produk cicilan emas karena masyarakat lebih memilih membeli ketika uang sudah terkumpul.

References

Afifah, A., & Ardyansyah, F. (2023). Analisis Minat Masyarakat Berinvestasi Emas Melalui Produk Pembiayaan Cicil Emas di Bank Syariah Indonesia Menggunakan Pendekatan Theory of Planned Behavior. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(6), 2879–2900.

Alam, A. P., Sinaga, A., Syafira, F. A., & Putra, R. R. (2019). Persepsi Masyarakat Tentang Keberadaan Bank Syariah Indonesia Cabang Pembantu Stabat. Journal Economy And Currency Study (JECS), 1(1), 52–63.

Aznin, N., & Alam, A. P. (2022). Analisis Kelayakan Penyaluran Pembiayaan Murabahah pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk KCP Stabat. Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(1), 9–15.

Bachri, B. S. (2020). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. UIN Surabaya Pers.

Basya, R. A., Saleh, M., & Sakdiah, K. (2023). Pelaksanaan Multi Akad Pada Produk Gadai Emas Di Bank Syari’ah Perspektif Fiqh Mu’amalah (Studi Kasus Bank SUMUT Syari’ah Kantor Cabang Binjai). AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 5(1), 29–39.

Budiman, J., & Ervina, E. (2020). Pendekatan Perilaku Keuangan Terhadap Keputusan Investasi Emas. Profit: Jurnal Adminsitrasi Bisnis, 14(1), 63–68.

DEWI, S. R. (2020). Strategi Promosi Produk Cicil Emas pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Teluk Kuantan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Harahap, M. A., & Hafizh, M. (2020). Pengaruh Pembiayaan Bank Syariah, Suku Bunga dan GDP Terhadap Uang Beredar di Indonesia. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 64–86.

Harahap, M. A., & Muhammad Hafizh, S. E. (2020). Manajemen Keuangan: Konsep Dasar dan Prinsip-Prinsip. Merdeka Kreasi Group.

Hernita, R., Noprizal, N., & Syaputra, A. D. (2022). Strategi Pemasaran Produk Cicil Emas Bank Syariah Indonesia. IAIN Curup.

Inayah, I. N. (2020). Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam Dalam Investasi Syariah. Jurnal Ilmu Akuntansi Dan Bisnis Syariah (AKSY), 2(2), 88–100.

Istan, M. (2024). Implementasi Investasi Emas: Kajian Teoritis dan Praktis Menurut Ekonomi Islam. Al-Intaj: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 9(1), 1–12.

Kulsum, U., & Tamimah, T. (2021). Instrumen-Instrumen Investasi Syariah Sebagai Alternatif Investasi Bodong. BISEI: Jurnal Bisnis dan Ekonomi Islam, 6(2), 116–134.

Mia, M. S. N., & Usep, U. D. S. (2024). Implementasi Akad Murabahah Dan Rahn Pada Produk Cicil Emas Di Bank Syariah Indonesia. Lobi, 1(2), 174–188.

Nurvajri, C. (2019). Strategi Pemasaran Produk Cicil Emas di Bank Syariah Mandiri KCP Darussalam Banda Aceh. Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Safryani, U., Aziz, A., & Triwahyuningtyas, N. (2020). Analisis literasi keuangan, perilaku keuangan, dan pendapatan terhadap keputusan investasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 8(3), 319–332.

Sahliyah, F., Harahap, S. A., & Fatichuddin, A. (2024). Strategi Pemasaran Produk Emmasku pada Pegadaian Syariah: Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Qiema (Qomaruddin Islamic Economics Magazine), 10(1), 47–56.

Samosir, L. C. (2023). Analisis peluang investasi emas jangka panjang melalui produk pembiayaan cicil emas pada Bank Syariah Indonesia KC Padangsidimpuan. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Zaelani, R. H. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Pembiayaan Cicil Emas Di Bank Syariah Indonesia Kc. Rogojampi. RIBHUNA: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah, 1(1), 14–24.

Published

2024-12-30

Issue

Section

Articles