Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility Dan Persepsi Nasabah Terhadap Corporate Image

(Studi Kasus Pada Nasabah Bank Sumut Syariah KCP Stabat)

Authors

  • Novita Sari STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Penerapan CSR, Persepsi Nasabah, Corporate Image

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan corporate social responsibility dan persepsi nasabah terhadap corporate image Bank SUMUT Syariah KCP Stabat baik secara parsial maupun simultan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan sumber data utama diperoleh melalui penyebaran angket kepada 100 responden orang nasabah Bank SUMUT Syariah KCP Stabat. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda menggunakan program SPSS. Berdasarkan hasil pengolahan dan anailisis data dapat dijelaskan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan corporate social responsibility terhadap corporate image Bank SUMUT Syariah KCP Stabat, variabel Penerapan Corporate Social Responsibility (X1) secara statistik menunjukkan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 atau (0,000 < 0,05) dan thitung > ttabel (3,938 > 1,98472) maka terdapat pengaruh variabel X terhadap Variabel Y. Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi nasabah terhadap corporate image Bank SUMUT Syariah KCP Stabat, variabel Persepsi Nasabah (X2) secara statistik menunjukkan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 atau (0,003 < 0,05) dan thitung > ttabel (3,087 > 1,98472) maka terdapat pengaruh variabel X terhadap Variabel Y. Secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan corporate social responsibility dan persepsi nasabah secara bersama-sama terhadap corporate image Bank SUMUT Syariah KCP Stabat, nilai Fhitung diperoleh 22,790 dengan nilai signifikasi 0,000. Karena nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai Fhitung > Ftabel (22,790 > 3,09), maka variabel bebas secara simultan berpengaruh terhadap variabel terikatnya. Penerapan corporate social responsibility dan persepsi nasabah mempengaruhi corporate image Bank SUMUT Syariah KCP Stabat sebesar 32% dengan Penerapan Corporate Social Responsibility (X1) menyumbang 18,7% dan Persepsi Nasabah (X2) menyumbang 13,3%.

References

Amelia, A., & Yusof, N. (2020). Peran Perbankan Syariah Dalam Melaksanakan Corporate Social Responsibility Di Masa Covid-19. Jurnal Imara, 4.

Annisa, N., Sakdiah, K., & Hasanah, N. (2024). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra Perusahaan PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Stabat. Jurnal Kajian dan Riset Mahasiswa, 71–86.

Fadillah, I. N., Ayu, A. C., Adawiyah, R., & Pramono, A. F. (2023). Literature Review: Peran Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Meningkatkan Citra Positif Bank Syariah di Masyarakat. IJMA (Indonesian Journal of Management and Accounting), 4(1), 115–122.

Faqihudin, A., Asnawi, M., & Pangayow, B. J. C. (2020). Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR), Corporate Image, dan Keputusan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah, 15(1), 67–76.

Filayly, T. N., & Ruliana, P. (2022). Strategi public relations dalam memulihkan citra perusahaan. PARAHITA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 29–40.

Hambali, R., & Huda, N. (2019). Realisasi Corporate Social Responsibility: Sebuah Tinjauan Distribusi Pendapatan dalam Islam (Studi Kasus: PT. Pertamina (persero) RU II Dumai). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 2(1), 62–74.

Hariyanto, E., & Humaidy, M. A. Al. (2019). Pelaksanaan Corporate Social Responsibility Dan Zakat Perusahaan Perbankan Syariah Di Madura. Jurnal Hukum & Pembangunan, 49(3), 688–709.

Inayatussaadah, I., & Sisdianto, E. (2024). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Pada Pt. Unilever Indonesia (Persero). Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan AkuntansI, 1(4), 359–372.

Irawan, F., & Muarifah, E. (2020). Analisis Penerapan Corporate Social Responsibilty (CSR) Dalam Perspektif Sharia Enterprise Theory: Analisis Penerapan Corporate Social Responsibilty (CSR) Dalam Perspektif Sharia Enterprise Theory. Minhaj: Jurnal Ilmu Syariah, 1(2), 149–178.

Irham, M. (2019). Analisi Persepsi Dosen Terhadap Perbankan Syariah (Studi Kasus Dosen Fakultas Ekonomi UMN). AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 4(2), 436–456.

Khaeriani, B. N. (2022). Implementasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah pada Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2867–2874.

Kurniasih, N., Muharram, H., & Entang, M. (2021). Hubungan Citra Perusahaan Dan Kualitas Layanan Dengan Loyalitas Pelanggan BCA Prioritas KCU Bogor. Magma: Jurnal Magister Manajemen, 4(2).

Muar, M. R., Syahfitri, A. A., & Azizah, Y. N. (2022). Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Minat Produk Prohajj Dalam Hukum Islam: Persepsi, Minat dan Hukum Islam. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis, 5(1), 77–84.

Oktaviana, B., & Prena, G. Das. (2020). Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility, Service Quality (Kualitas Pelayanan), Loyalitas Nasabahterhadap Corporate Image (Citra Perusahaan) Pada Bank Bni Syariah Kantor Cabang Denpasar. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 5(1), 91–102.

Rangkuti, A. A. (2022). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Citra Perusahaan Pada Bank Syariah Indonesia Medan. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 3(3), 555–568.

Saling, S. (2023). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Merek OPPO. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 812–827.

Umarella, B. (2020). Implementasi Tata Kelola Perusahaan Melalui Program Corporate Social Responsibility Pada Bank Btn Cabang Ambon. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(06), 72–78.

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles