Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VII MTsS Yaspen Muslim Pematang Tengah Tanjung Pura Langkat

Authors

  • Alfera Ridha Siregar, Muhizar Muchtar STAI Jam'iyah Mahmudiyah

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas pemikiran bahwa suatu strategi belajar yang relevan dalam proses pembelajaran dapat mengembangkan potensi yang dimiliki oleh siswa. Melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelegences belajar jadi lebih menarik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan pembelajaran terdiri atas 2 tahapan,yaitu mengenali inteligensi siswa dengan menggunakan TIMI (Test Interest Multiple Intelligences) dan menyusun rencana pembentukkan karakter siswa dalam pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan guru melakukan kegiatan untuk memberikan apersepsi dan motivasi serta melakukan kegiatan-kegiatan berbasis multiple intelligences. Apersepsi dan motivasi tersebut berupa kegiatan alfa zona seperti bernyanyi dan melakukan gerakan refleksi,Warmer dengan mengulang materi sebelumnya, pre-teach dengan memberikan penjelasan awal jalannya proses pembelajaran,dan scenee setting dengan pemberian konsep awal terhadap materi pembelajaran. Penilaian pembelajaran dilakukan secara autentik dengan menggunakan 3 ranah yaitu; 1) kognitif dengan tes lisan, tertulis dan penugasan, 2) afektif dengan observasi, target bulanan dan penilaian diri, 3) Psikomotorik dengan tugas dan praktek. Bisa ditarik kesimpulan strategi pembelajaran berbasis multiple intellegences adalah suatu upaya mengoptimalkan berbagai intelegensi yang dimiliki setiap siswa dan memacu kecerdasan yang dominan pada diri siswa seoptimal mungkin. Dalam penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelegences, siswa lebih aktif dan berani untuk mengemukakan pendapat sehingga pembelajaran di kelas menjadi lebih aktif dan tidak monoton. Tetapi pada implikasi penerapannya guru mata pelajaran Fiqih kelas VII di MTsS Yaspen Muslim Pematang Tengan Tanjung Pura Langkat masih ada yang menggunakan metode klasik salah satunya yaitu hanya menerapkan metode ceramah dan media pembelajaran yang kurang bervariatif

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian,ary Ginanjar, 2013. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional Spritual ISQ Emosional Spritual Qoentient The ESQ Way 165 Jilid 2. Jakarta : PT Arga Tilanta.

Aw, Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal Yogyakarta: Graha Ilmu.

Djamarah,Bahri,Syaifu. (2014). Pola Komunikasi Orang Tua dan aanak Dalam Perspektif Islm, Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Effendy, Onong Uchjana. (2015). Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Faturrohman, Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif, Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 22, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, Heri, (2013). Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Alfabeta.

Hadjar, Ibnu. (2016). Dasar-Dasar Metodologi penelitian Kuantitatif dalam pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Hamdan. (2019). Pengembangan dan Pembinanaan Kurikulum (Teori dan Praktek Kurikulum PAI), Banjarmasin.

Harapan, Edi. (2014). Komunikasi Antar Pribadi, Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Perss.

Jamhari, (2016). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual (ESQ) Siswa Di MA AL Bidayah Candi Kecamatan Bandungan.

Kusmayadi, Ismail. (2016). Kemahiran Interpersonal Untuk Guru, Bandung: PT. Pribumi Mekar.

Miftahul Ulum, M. (2017). Pengantar Ilmu Pendikan Islam, Ponorogo: STAIN Ponorogo Press.

Muhammad, Arni. (2018). Komunikasi Organisasi, Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. (2012). Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Insan Cita.

Nata, Abudin, (2017). Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Nawawi,Hadari. (2019). Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas, Jakarta: Haji Masagung.

Nazir, Moch. (2013). Metode Penelitian, Jakarta: Salemba Empat.

Prastowo, Andi. (2011). Memahami Metode-metode Penelitian , Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis, Yogyakarta: ArRuzz Media.

Rohmadi, Syamsul Huda. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Araska.

Santoso, Singgih. (2012). Buku Latihan SPSS Parametrik, Jakarta: Elex Media Komputindo.

Stein, Steven J. dan Howard E. Book. (2012). Ledakan EQ, Cet. I; Bandung, Kaifa.

Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, Wahid, (2016). Analisis Regresi Menggunakan SPSS Contoh Kasus Dan Pemecahannya, Jakarta: Penerbit Andi.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori & Aplikasi dengan SPSS, Yogyakarta: Andi.

Thoifah. (2015). Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif, Malang: Madani.

Trinato. (2015). Mendesain model pembelajaran inovatif –Progresif , Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Alfera Ridha Siregar, Muhizar Muchtar. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VII MTsS Yaspen Muslim Pematang Tengah Tanjung Pura Langkat. Journal Millia Islamia, 2(2), 299–311. Retrieved from https://jurnal.perima.or.id/index.php/JMI/article/view/262

Issue

Section

Articles