Pengaruh Media Komik Dalam Memotivasi Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTs Swasta Darul Arafah Pangkalan Brandan

Authors

  • Diyanitami Ginting, Ahmad Sanusi Luqman,Diani Syahfitri STAI Jam'iyah Mahmudiyah

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pembahasan mengenai pengaruh media komik dalam memotivasi siswa pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam kelas VII Mts Swasta Darul Arafah Pangkalan Brandan.  Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskritif. Responden penelitian berjumlah 33 siswa yang merupakan kelas VII. Pengolahan data menggunakan microsoft office excel dan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menjelaskan Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh media komik dalam memotivasi siswa pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam kelas VII di Mts Swasta Darul Arafah Pangkalan Brandan. Hal ini diperoleh melalui hasil uji hipotesis yaitu uji yang menunjukkan nilai signifikasi lebih kecil  dari 0,05 (<,001 < 0,05) dan nilai thitung > ttabel (4,213 > 2.039) maka terdapat pengaruh variabel X terhadap variabel Y.

References

Aeni, Wiwik Akhirul dan Ade Yusupa, (2018). “Model Media Pembelajaran E-Komik untuk SMA” Jurnal Teknologi Pendidikan Vol.6, No. 01.

Al Qadri, (2019). Pendidikan Akhlak, Surabaya : CV. Pustaka Media Guru.

Arsyad, Azhar, (1997). Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto, (2010). Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto, (2013). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media.

Enawaty, Eny dan Hilma Sari, (2010). Pengaruh Penggunaan Media Komik...”, Jurnal Pendidikan Matematika dan Ipa, Vol.1. No. 1.

Gunawan, Pramudya dan Sujarwo, (2022). “Pemanfaat Komik sebagai Media Pembelajaran Sejarah dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar” Journal of History Education and Historiography, Vol. 6, No.1.

Hamalik, Oemar, (1989). Media Pendidikan, Bandung : Citra Aditya.

Hamdani, (2011). Strategi belajar mengajar, Bandung: Pustaka Setia.

Hasan, (2021). Media Pembelajaran, Jawa Tengah: CV Tahta Media Group.

Kusumasturi, Adhi, dkk, (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta, Deepublish.

Majid, Abdul, (2005). Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Elis Mediawati, (2011). “Pembelajaran Akutansi Keuangan Melalui Media Komik Untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa,” Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, no. 1.

Ali Mudhofir, Evi Fatimatur, (2016). Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Mujahid, (2013). Perncanaan Madrasah Mandiri, Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Prawira, Purwa Atmaja, (2014). Psikologi Pendidikan dalam Prespektif Baru, Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Priansa, (2015). Manajemen Peserta Didik Dan Model Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Rosida, Aulia, dkk, (2020). “Inovasi Komik Strip berlandasan Analisis Historical Thinking sebagai Media Pembelajaran Sejarah SMA” Jurnal Kronologi Vol.2, No.4.

Sanjaya, (2014). Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina (2020). Kurikulum dan Pengembangan, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai, (2002). Media Pengajaran, Bandung: C.V. Sinar Baru.

Susilana, Rudi dan Riyana Cepi. (2009). Media Pembelajaran, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian, Bandung: PT Wacana Prima.

Waluyanto, H, D. (2005). “Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan, Vol. 7. No. 1.

Warista, Bambang, (2008). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Zaki, (2021). Manajemen Pendidikan Islam (Analisis Kajian Teori-Teori Kekinian), Medan : CV Pusdikra Mitra Jaya.

Downloads

Published

2024-01-10

Issue

Section

Articles