Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Mutu Pendidikan Di MTs Swasta TPI Sawit Seberang Kabupaten Langkat

Authors

  • nur sari asniah sekolah tinggi agama islam jam'iyah mahmudiyah tanjung pura kabupaten langkat

Keywords:

Sumber Daya Manusia, Kualitas Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh sumber daya manusia dan kaitannya dengan kualitas mutu pendidikan di MTs Swasta TPI Sawit Seberang Kabupaten Langkat. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana sumber daya manusia di MTs Swasta TPI Sawit Seberang, Bagaiamana kualitas mutu pendidikan di MTs Swasta TPI Sawit Seberang, apakah terdapat pengaruh sumber daya manusia terhadap kualitas mutu pendidikan di Mts Swasta TPI Sawit Seberang Kabupaten Langkat. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian ‘ex post facto’. Subjek penelitian ini adalah seluruh tenaga pendidik di MTs Swasta TPI Sawit Seberang yang berjumlah 32 orang dan menggunakan sampel total sampling. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis inferensial melalui regresi sederhana. Selanjutnya penyajian data menggunakan teknik presentase jawaban dari keseluruhan responden. Hasil Penelitian menunjukkan pengaruh sumber daya manusia berada pada kategori sedang yaitu dengan presentase 65,62% dan peningkatan kualitas mutu pendidikan berada pada kategori sedang 71,87%. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai thitung  = 5,12 ≥   ttabel = 2,04. Untuk taraf signifikasi  maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

References

Aan Komariah dan Engkoswara, (2012). Andministrasi Pendidikan Cet, III (Bandung: Alfabeta)

Abuddin Nata, (2010). Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Anggan Suhandana, (1997). Pendidikan Nasional Sebagai Instrumen Pengembangan SDM, Cet. III (Bandung: Mizan)

Barthos Basir, (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Bumi Aksara)

Danim Sudarwan, (2007). Visi Baru Manajemen Sekolah (Jakarta: Bumi Aksara)

Dede Rosyada, (2007). Paradigm Pendidikan Demokrasi Sebuah Model Peibatan Masayarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, cet-III, (Jakarta: PT Kencana PrenadaMedia Group)

Mukhtashar, S.H. (2018). Mukhtashar Shahih Al-Bukhari (Bandung : Marja)

Rachmawati Nuraini Eka, (2004). Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia sebagai Basis Meraih Keunggulan Kompetitif (Yogyakarta: Ekonisia)

Ridho, A, (Fikrotuna, 2017). Meningkatkan Mutu Manajemen Madrasah (Kajian Minat Masyarakat dan Prinsip Dasar Manajemen Lembaga Pendidikan Islam).

Saifuddin Aswar, (2012). Penyusunan Skala Psikologi, cet. II, (Yogyakarta; Pustaka Pelajar)

Syukur Fatah, (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan, (Semarang: Pustaka Rizki Putra)

Tuala Praja Riyuzen, (2018). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah (Bandar Lampung: Lintang Rasi Aksara Books)

Downloads

Published

2024-06-02

Issue

Section

Articles