Implementasi Program Pengembangan Diri Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Bidang Studi Al-Qur’an Hadis Kelas X Mas Persiapan Negeri Besitang

Authors

  • Ayu Artika STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Program pengembangan diri, kreativitas belajar

Abstract

Penulis melakukan penelitian tentang judul tersebut diatas yaitu berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di MAS Persiapan Negeri Besitang dan diperoleh data tentang permasalahan yaitu : Belum terealisasikannya program pengembangan kecakapan siswa secara maksimal sehubungan aktivitas belajar siswa yang padat di setiap jam pelajaran dengan bidang studi tertentu yang sudah disusun secara sistematis dalam roster pelajaran. Sehingga pengembangan Kecakapan Hidup siswa harus dilaksanakan diluar jam pelajaran atau menjadi salah satu program ekstrakulikuler yang menjadi opsi atau pilihan yang tidak diwajibkan. Berdasarkan masalah tersebut diatas maka penulis merancang penelitian dengan metode kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah melakukan pengumpulan data dan melakukan pengolahan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwasanya Implementasi program pengembangan diri dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa pada bidang studi Al-Qur’an Hadis siswa kelas X MAS Persiapan Negeri Besitang yaitu dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa setelah diterapkannya program pengembangan diri siswa melalui program-program ekstrakulikuler. Kreativitas belajar siswa juga dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam menerapkan media dan metode mengajar.

References

Adhi Rahman, Zulkhan (2023) Penguatan Personal Branding Lembaga Melalui Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education) Di Madrasah Ibtidaiyah, Cirebon, PT Arr Rad Pratama

Aisyah & Ummu Sakina, Upaya Pengembangan Kecakapan Hidup (Life Skill) terhadap anak Tunagrahita di sekolah luar biasa negeri 1 Kabupaten Wajo, Pusat Studi Gender dan Anak UM Alauddin Makassar, Sifakalebbi, Vol.4, No.2

Basri, Hasan (2013) Landasan Pendidikan, CV Pustaka Setia, Bandung

Departemen Agama, (2005) Pedoman Kegiatan Pengembangan Diri, Jakarta

Hasanah, Uswatun (2022) Implementasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Jakarta, Penerbit NEM.

Jamaris, Martini (2006), Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Jakarta; Grasindo

J. Moleong, Lexy (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya

Rahman, Abd, dkk (2022) Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan, Al- Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam; Vol.2 No.1

R. C, Bogdan & Biklen S. K (2018) Qualitatif Research For Education: Introduction to Theory and Methodes, Needham Heights, MA: Ally Bacon

Sugiono (2018) Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta

Suyanto, Bagong (2010) Masalah Sosial Anak, Jakarta, Kencana Prenada Media Group

Takwil, Moh (2020) Model Program Pengembangan Diri Dalam Mengembangkan Potensi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Peterongan Jombang, El Banat Vol.10, N0.2

Downloads

Published

2024-06-02

Issue

Section

Articles