Peranan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Di MAN 2 Langkat

Authors

  • Sarah STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Musyawarah Guru Mata Pelajaran, Kompetensi Profesional

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Di MAN 2 Langkat. Jenis dan Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode wawancara, observasi, dokumetasi dan Angket yang dilakukan. Sedankan teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi Data, Penyajian Data dan Conclusion Drawing/Verification. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya Pelaksanaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI di MAN 2 Langkat telah berjalan dengan baik. Kegiatan ini dilakukan pada awal setiap semester (ganjil maupun genap) untuk membahas berbagai aspek pembelajaran, termasuk pembuatan perangkat pembelajaran, pengembangan bahan ajar, metode dan strategi pembelajaran, serta pengembangan media pembelajaran. Selain itu, MGMP PAI MAN 2 Langkat juga mengadakan workshop dan pelatihan untuk guru-guru dalam pembuatan Modul ajar berbasis kurikulum merdeka.Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di MAN 2 Langkat dapat dinilai dengan baik. Hal ini terlihat dari kualifikasi mereka yang telah memiliki Ijazah S1. Selain itu, dalam proses pembelajaran di kelas, guru-guru mampu menguasai materi dengan baik, menggunakan metode dan media pembelajaran secara efektif, serta melakukan evaluasi pembelajaran untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh siswa.Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) memiliki peran yang sangat baik dalam mengembangkan kompetensi profesional para guru PAI di MAN 2 Langkat Hal ini terlihat dalam forum MGMP, para guru dapat bersama-sama belajar, menganalisis materi ajar, berbagi metode dan strategi pembelajaran inovatif dan menyenangkan. Selain itu, forum ini menjadi wadah untuk pengembangan media pembelajaran yang interaktif berbasis TIK. Para guru juga berbagi pengalaman mengenai cara membuat penilaian dan mengevaluasi hasil belajar peserta didik. Keseluruhan aktivitas ini memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kompetensi profesional guru PAI di MAN 2 Langkat.

References

E.Mulyasa. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosda Karya.

Halid Hanafi, L. A. (2018). Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Kegiatan pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumardi. (2016). Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP Model dan Implementasinya untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Yogyakarta: Deepublish.

Sumardi. (2016). Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP: Model dan Implementasinya untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Tafsir, A. (2011). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Raja Rosda Karya.

Wardan, K. (2019). Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Cv Budi Utama.

Yusrizal. (2018). Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Profesional Guru SMK di Kabupaten Aceh. Jurnal Diknas Pendidikan, 6(1), 1-12.

Zakir, M. (2020). Peranan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Di MAN 2 Langsa. Mukadimiah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu Sosial, 4(1), 63-73.

Downloads

Published

2024-06-02

Issue

Section

Articles