Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Dan Minat Masyarakat Tentang Produk Pembiayaan Bank Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Bank Muamalat Cabang Stabat
Keywords:
Pengetahuan, Minat, Peningkatan Jumlah NasabahAbstract
Meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan bukan merupakan hal yang mudah, banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya pengetahuan masyarakat tentang produk pembiayaan yang ditawarkan dan minat pada produk pembiayaan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan minat masyarakat tentang produk pembiayaan secara terhadap peningkatan jumlah nasabah pada Bank Muamalat Cabang Stabat baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan responden nasabah produk pembiayaan Bank Muamalat Cabang Stabat berjumlah 70 orang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji kualitas data, uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS. Berdasarkan pengujian tersebut menjelaskan bahwa secara parsial pengaruh yang signifikan antara minat masyarakat pada produk pembiayaan terhadap peningkatan jumlah nasabah pada Bank Muamalat Cabang Stabat karena nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 atau (0,004 < 0,05) dan thitung > ttabel (2,964 > 1,99601) maka terdapat pengaruh variabel X terhadap Variabel Y. Secara parsial Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat masyarakat pada produk pembiayaan terhadap peningkatan jumlah nasabah pada Bank Muamalat Cabang Stabat karena nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 atau (0,004 < 0,05) dan thitung > ttabel (2,964 > 1,99601) maka terdapat pengaruh variabel X terhadap Variabel Y. Secara simultan atau bersama-sama pengaruh yang signifikan secara simultan atau bersama-sama antara pengetahuan dan minat masyarakat pada produk pembiayaan terhadap peningkatan jumlah nasabah pada Bank Muamalat Cabang Stabat karena nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) dan nilai Fhitung > Ftabel (24,667 > 3,13), maka variabel bebas secara simultan berpengaruh terhadap variabel terikatnya