Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan Islam Berbasis Sustainable Development Goals di MTs Tarbiyah Islamiyah Hinai Kiri

Authors

  • Siti Hawa siti STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Peningkatan, Sumber daya Manusia, Sustainable Development Goals

Abstract

Mutu sumber daya manusia pada lembaga pendidikan MTs Tarbiyah Islamiyah Hinai Kiri telah menunjukkan kualitas yang baik dimana guru telah mendapatkan bekal diklat fungsional sebagai tenaga pendidik yang diselenggarakan pemerintah. Selanjutnya guru telah membentuk musyawarah guru mata pelajaran sehingga mampu berbagi informasi dalam dunia pendidikan sehingga mutu guru meningkat. Selain itu, guru telah diberikan penguatan terkait penerapan kurikulum yang ada sehingga mampu menyusun program pembelajaran yang berkelanjutan dalam meningkatkan kemampuan dan kecerdasan siswa. Penerapan program berbasis Sustainable Development Goals di MTs Tarbiyah Islamiyah Hinai Kiri dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang ada sehingga madrasah mampu berbasis digital. Selain itu, Madrasah telah memberikan fasilitas yang baik untuk mendukung penerapan pembelajaran multiple intelegensi dengan memberikan sarana internet, media belajar digital dan membentuk program ektrakurikuler demi mendukung pengembangan kecerdasan anak. Peningkatan mutu sumber daya manusia Lembaga Pendidikan Islam berbasis Sustainable Development Goals di MTs Tarbiyah Islamiyah Hinai Kiri menunjukkan peningkatan yang baik dimana mutu pendidik meningkat dan adanya dukungan teknologi dan sarana prasarana yang baik. Evaluasi yang dilakukan dalam penerapan pembelajaran berbasis Sustainable Development Goals (tujuan pembangunan berkelanjutan) ini dilakukan dengan cara kepala madrasah kita selalu memegang prinsip supervisi dengan memberikan perencanaan terkait bagaimana guru merencanakan suatu pembelajaran yang menarik yang kooperatif yang efektif terhadap anak.  Kepala madrasah itu melakukan supervisor atau supervisi pada masing-masing kelas untuk menilai atau mengamati guru melaksanakan pembelajaran yang sudah direncanakannya. Guru dalam melakukan evaluasi pada pembelajaran multiple intelegensi dengan cara membuat daftar perkembangan kemampuan siswa dan kecerdasan.

Downloads

Published

2024-07-24

Issue

Section

Articles