Strategi Pembelajaran Individual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran PAI di SMP IT Swasta Brandan Barat Tahun Ajaran 2023-2024

Authors

  • Intan Syahputri Intan STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat
  • Kamaliah.R STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Strategi Pembelajaran Individual, Hasil Belajar PAI.

Abstract

Strategi pembelajaran individual merupakan strategi pembelajaran yang diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMP IT Swasta Brandan Barat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP IT Swasta Brandan Barat yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning) tindakan (acting) pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Dari analisis data yang penulis dapatkan, diketahui kondisi awal bahwa di kelas VII SMP IT Swasta Brandan Barat terjadi permasalahan yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi shalat berjamaah yang rendah dan jauh dari KKM yang ditetapkan oleh pihak Madrasah. Pada pelaksanaan pra siklus diperoleh nilai rata-rata siswa 62,86 dengan jumlah ketuntasan 32,14%. Kemudian dilaksanakan siklus I, dari data penelitian tindakan kelas yang dilakukan terdapat peningkatan nilai rata-rata pada siklus I menjadi 71,07 dengan jumlah ketuntasan 57,14%. Dilanjutkan keĀ  tindakan siklus II, pada tindakan ini terjadi peningkatan lagi yaitu nilai rata-rata siswa 84,29 dengan jumlah ketuntasan 92,86%. Hal ini menunjukkan bahwa ptrategi pembelajaran individual yang peneliti gunakan mampu meningkatkan pemahaman pelajaran PAI materi shalat berjamaah siswa kelas VII SMP IT Swasta Brandan Barat. Peserta didik yang tuntas sebanyak 92,86% dan telah melewati batas minimum 85%.

Downloads

Published

2024-07-24

Issue

Section

Articles