Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Berbasis TIK di SD IT Al-Khoiriyah Dalam Penerapan Berbasis Online

Authors

  • Aulia Rika Harahap UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran berbasis TIK dalam penerapan berbasis online. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif dengan perolehan data berdasarkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu dengan cara mengumpulkan dokumentasi beberapa sumber penelitian baik jurnal atau buku yang berkaitan dengan judul penelitian, kemudian dianalisis dari beberapa sumber tersebut kemudian ditarik sebuah kesimpulan untuk menguatkan hasil kesimpulan yang akan penulis uraikan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dalam pembelajaran berbasis TIK dalam penerapan berbasis online menunjukkan bahwa kelebihannya dapat memunculkan gambar atau suara sehingga siswa lebih antusias untuk belajar dan memperbaiki daya ingat peserta didik. Artinya guru mengirim vidio pembelajaran kepada siswa dengan menggunakan aplikasi whatsapp, Dalam belajar baik pengajar maupun pelajar akan lebih mudah mencari sumber karena adanya internet. Pemberian dan penerimaan materi atau tugas tidak harus bertatap muka lagi, dan Menjalin hubungan yang lebih erat antara guru dan orang tua dalam peroses pembelajaran. Sedangkan kekurangannya sering terjadi penyalahgunaan penggunaan handphone misalnya siswa membuka aplikasi yang lain ketika belajar, guru lebih suka menjelaskan secara langsung darikan mengirim tugas ke siswa, siswa bosan belajar di rumah dan senang belajar di sekolah dan orang tua merasa terbebani dengan adanya penerapan pembelajaran berbasis online.

Downloads

Published

2022-09-02

Issue

Section

Articles