Strategi Branding SD Muhammadiyah Kangean Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat

Authors

  • Achmad Syarief Halim Prodi MPI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi SD Muhammadiyah Kangean adalah salah satu sekolah dasar yang baru berjalan 5 tahun di kepulauan kangean, serta merupakan SD Muhammadiyah pertama di pulau tersebut. Dua tahun terakhir SD Muhammadiyah ini sangat di percaya oleh masyarakat untuk menyekolahkan anaknya disekolah tersebut. Karena sekolah ini mampu bersaing dengan SD-SD unggulan yang sudah lama berdiri di sana, meskipun sekolah ini baru beridiri akan tetapi bisa langsung mengikuti tren modern saat ini. Hasil observasi dimana terjadi peningkatan setiap tahun nya mulai dari 2018 sampai sekarang, meskipun sekolah ini termasuk sekolah yang baru akan tetapi antusias masyarakat disana untuk menyekolahkan anak nya disekolah SD Muhammadiyah ini sudah terbilang lumayan .Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa bagaimana antusias serta respon masyarakat terhadap sekolah baru SD Muhammadiyah Kangean dana pa bagaimana strategi branding sekolah yang dilakukan SD Muhammadiyah Kangean.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian diambil dari subyek penelitian yaitu: kepala sekolah, wali murid. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan/verifikasi data. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi

Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa (1) respon masyarakat cukup antusias karena sekolah ini menjanjikan hal yang baik buat jangka panjang maupun jangka pendek, salah satunya dengan adanya siswa yang langganan juara dari SD Muhammadiyah dalam setiap lomba antar kecamatan maupun kabupaten. (2) melakukan hal yang berbeda dari sekolah-sekolah lagi seperta program baru dan menajdi program utama di SD Muhammadiyah Kangean salah satunya yaitu program tahfidz dan Bahasa. Hal ini menarik perhatian masyarakat pulau kangean karena merasa sekolah ini dapat juga menjadi tambahin pengetahuan tidak hanya pengetahuan umum tapi ada agama dan ilmu teknologi.

Kata Kunci: Branding Sekolah, Kepercayaan Masyarakat

 

Downloads

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles