Implementasi Kemandirian Guru Dalam Memanfaatkan Tekhnologi Sebagai Media Pembelajaran Tematik di Masa Pembelajaran Daring
Abstract
Abstrak: Penelitian lapangan (field research) ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi ditinjau dari pembelajaran daring yang sesuai dengan peraturan pemerintah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif dengan menggunakan jenis pendekatan studi kasus yang mengambil sampel dari 50 Orang guru Sekolah Dasar yang terletak di Payabungan Selatan Mandailing Natal. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancaran secara online dengan membagikan pertanyaan yang terstruktur melalui google from. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap; reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran dominan dalam memilih dan memanfaatkan media pembelajaran. Guru telah mampu memanfaatkan dan mengembangkan media pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan perkembangan teknologi, meskipun dengan cara yang masih sederhana. Namun, kreativitas guru dalam hal menyediakan media ajar variatif yang sesuai dengan kebutuhan siswa masih belum optimal. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media ajar tidak didasari oleh pertimbangan kebutuhan preferensi dan gaya belajar siswa yang berbeda-beda. Guru belum mampu mengakomodir diferensiasi gaya belajar siswa, dikarenakan guru belum memiliki pengetahuan pedagogik yang mendalam terkait pemilihan media pembelajaran ditinjau dari gaya belajar peserta didik