Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Materi Perkembangan Teknologi Kelas IV MIN 8 Langkat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan Contextual Teaching Learning (CTL). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung dalam dua siklus tindakan. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV MIN 8 Langkat yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 13 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis seacara deskriptif kualitatif untuk data observasi dan deskriptif kuantitatif untuk data tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IV MIN 8 Langkat pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Sebelum tindakan rata-rata nilainya 6,30 pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata menjadi 6,78 dan setelah dilakukan siklus II meningkat menjadi 7,26.