Penggunaan Media Papan Musi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi KPK Dan FPB Kelas V di MIS Air Tawar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dengan menggunakan media Papan Musi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan 22 siswa di MIS Air Tawar Kecamatan Gebang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Proses pengumpulan data melibatkan tes dan observasi terhadap aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I, kegiatan pembelajaran yang berpedoman pada RPP menunjukkan hasil yang cukup dengan persentase aktivitas guru sebesar 68,75% dan aktivitas siswa sebesar 62,5%. Hasil belajar siswa mencapai 74,8%, dengan 11 siswa berada di bawah KKM. Pada siklus II, perbaikan dilakukan dengan tetap menggunakan media papan Musik namun dengan perencanaan yang lebih baik. Aktivitas guru meningkat menjadi 89,5% dan aktivitas siswa menjadi 86,2%. Hasil belajar siswa juga meningkat signifikan dengan 84% mencapai kategori baik. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan media papan musik efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi KPK dan FPB.