Upaya Meningkatkan Keterampilan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN 050736 Pulau Banyak Desa Baja Kuning Melalui Penerapan Model Pembelajaran Eksperimen

Authors

  • Khairil Umam STAI JAM'IYAH MAHMUDIYAH LANGKAT
  • Nurhaliza STAI JAM'IYAH MAHMUDIYAH LANGKAT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V SDN 050736 Pulau Banyak Desa Baja Kuning melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang melibatkan 36 siswa sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada siklus I, pelaksanaan aktivitas guru dalam menerapkan metode eksperimen mencapai 67%, dengan 55,5% siswa mencapai KKM. Pemahaman konsep siswa pada indikator menjelaskan sebesar 72,91%, memberikan contoh 66,67%, dan menyimpulkan 68,05%. Hasil ini menunjukkan perlunya peningkatan pada siklus II. Pada siklus II, pelaksanaan metode eksperimen oleh guru mencapai 100%, dengan 91,6% siswa mencapai KKM. Pemahaman konsep siswa pada indikator menjelaskan meningkat menjadi 86,11%, memberikan contoh 94,44%, dan menyimpulkan 81,80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPA.

Downloads

Published

2024-03-30

Issue

Section

Articles