Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bilangan Bulat Melalui Media Pembelajaran Puzzle Siswa Kelas IV SDN 050736 Pulau Banyak Desa Baja Kuning
Abstract
Abstrak: Guru kurang kreatif dalam menyampaikan materi, tidak menggunakan media yang dapat menarik perhatian dan minat belajar siswa, lebih berfokus dalam menggunakan buku cetak, dan kurang melibatkan siswa. Selain itu juga mempunyai kesulitan dalam berhitung. Hal ini membuat siswa merasa bosan, jenuh dan terkadang siswa hanya duduk diam saat proses pembelajaran sehingga materi yang diberikan oleh guru tidak dapat diterima secara maksimal sehingga menyebabkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 050736 Pulau Banyak masih dibawah rata-rata. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian tindakan kelas (PTK), karena penelitian ini dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang terjadi di dalam kelas. Dalam penelitian tindakan kelas perbaikan dilakukan secara bertahap dan terus-menerus selama kegiatan penelitian dilaksanakan. Oleh karena itu, dalam PTK di kenal adanya siklus pelaksanaan berupa pola perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, begitu dengan siklus selanjutnya sampai pada tingkat yang ingin dicapai. Berdasarkan latar belakang di atas peneliti memilih untuk menerapkan metode pembelajaran permainan puzzle. Motode ini dapat membuat siswa aktif berdiskusi dalam kelas atau dalam kelompok kecil makan peneliti merumuskan judul: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bilangan Bulat Melalui Media Pembelajaran Permainan Puzzle Kelas IV SDN 050736 Pulau Banyak.