Pentingnya Media Pembelajaran “Diorama” Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Laura Tari Ramahdani Institut Jam'iyah Mahmudiyah Langkat
  • Nazwa Nurul Shahira Institut Jam'iyah Mahmudiyah Langkat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan media pembelajaran diorama dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa kelas 2A di MIS BI ALNAZHAR pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil menunjukkan bahwa media diorama mampu meningkatkan perhatian, motivasi, dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Kendala utama yang dihadapi meliputi keterbatasan ukuran dan detail diorama, durasi penggunaan yang terlalu lama, serta posisi observasi yang kurang optimal. Meskipun demikian, diorama terbukti efektif dalam memvisualisasikan konsep abstrak dan mempermudah siswa memahami materi Akidah Akhlak secara lebih menyenangkan dan bermakna.Temuan ini merekomendasikan integrasi  media diorama dalam metode pembelajaran di madrasah untuk memperkaya pengalaman belajar peserta didik. 

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles