Pentingnya Media Pembelajaran Smart Boxs Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Khairunnisa Pertiwi Institut Jam'iyah Mahmudiyah Langkat
  • Khairatun Nisa Institut Jamiyah Mahmudiyah Langkat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Smart Box dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap siswa, guru, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Smart Box mampu meningkatkan minat belajar, pemahaman konsep keagamaan, serta keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Guru merasa terbantu dengan media ini karena materi dapat disampaikan dengan lebih variatif dan interaktif. Namun demikian, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan teknis dan kurangnya pelatihan guru dalam pengoperasian media. Secara keseluruhan, media Smart Box terbukti menjadi sarana yang efektif dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MI,dengan catatan perlu dukungan sarana dan pelatihan yang memadai.

Kata Kunci: Smart Box, media pembelajaran, Akidah Akhlak, Madrasah Ibtidaiyah

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles