Pentingnya Media Pembelajaran “ Diorama “ Pada Mata Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Media pembelajaran memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, khususnya dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan adalah media diorama, yaitu media tiga dimensi yang menyajikan objek secara visual konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya penggunaan media diorama dalam menyampaikan materi Akidah Akhlak,terutama dalam menumbuhkan pemahaman nilai-nilai akhlak mulia pada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media diorama mampu meningkatkan minat belajar, membantu visualisasi materi abstrak, serta memperkuat nilai-nilai moral dan akhlak pada peserta didik. Dengan demikian, media diorama merupakan sarana efektif untuk menunjang pembelajaran Akidah Akhlak yang bermakna dan kontekstual.