https://jurnal.perima.or.id/index.php/JUS/issue/feedSHANUN: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah2025-07-18T15:17:20+07:00Tuti Rezeki Awaliyah Siregartutirezekiawsi15@gmail.comOpen Journal Systems<p>SHANUN is a journal that spececifically becomes a scientific information medium that contains writings of conceptual ideas, studies, aplication of theories, research result, and teaching in the scientific field of basic education. The SHANUN journal is published by the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program Institution https://perima.or.id/ in STAI Jam'iyah Mahmudiyah Langkat. The journal is published twice a year in March and September</p>https://jurnal.perima.or.id/index.php/JUS/article/view/842Pentingnya Media Pembelajaran “ Diorama “ Pada Mata Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah2025-06-30T21:28:01+07:00Pathia Hany hanypathiahany@gmail.comSyahida Jadwasyahidajadwa32@gmail.com<p>Media pembelajaran memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, khususnya dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan adalah media diorama, yaitu media tiga dimensi yang menyajikan objek secara visual konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya penggunaan media diorama dalam menyampaikan materi Akidah Akhlak,terutama dalam menumbuhkan pemahaman nilai-nilai akhlak mulia pada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media diorama mampu meningkatkan minat belajar, membantu visualisasi materi abstrak, serta memperkuat nilai-nilai moral dan akhlak pada peserta didik. Dengan demikian, media diorama merupakan sarana efektif untuk menunjang pembelajaran Akidah Akhlak yang bermakna dan kontekstual.</p>2025-03-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 SHANUN: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyahhttps://jurnal.perima.or.id/index.php/JUS/article/view/838Pentingnya Media Pembelajaran “Diorama” Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah2025-06-24T18:07:30+07:00Laura Tari Ramahdanitarilaura35@gmail.comNazwa Nurul Shahiranazwashahira368@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan media pembelajaran diorama dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa kelas 2A di MIS BI ALNAZHAR pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil menunjukkan bahwa media diorama mampu meningkatkan perhatian, motivasi, dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Kendala utama yang dihadapi meliputi keterbatasan ukuran dan detail diorama, durasi penggunaan yang terlalu lama, serta posisi observasi yang kurang optimal. Meskipun demikian, diorama terbukti efektif dalam memvisualisasikan konsep abstrak dan mempermudah siswa memahami materi Akidah Akhlak secara lebih menyenangkan dan bermakna.Temuan ini merekomendasikan integrasi media diorama dalam metode pembelajaran di madrasah untuk memperkaya pengalaman belajar peserta didik. </p>2025-03-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 SHANUN: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyahhttps://jurnal.perima.or.id/index.php/JUS/article/view/841Pentingnya Media Pembelajaran Smart Boxs Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah2025-06-25T17:02:13+07:00Khairunnisa Pertiwikhairunnisapertiwi696@gmail.comKhairatun Nisakhairatunnisa1256@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Smart Box dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap siswa, guru, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Smart Box mampu meningkatkan minat belajar, pemahaman konsep keagamaan, serta keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Guru merasa terbantu dengan media ini karena materi dapat disampaikan dengan lebih variatif dan interaktif. Namun demikian, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan teknis dan kurangnya pelatihan guru dalam pengoperasian media. Secara keseluruhan, media Smart Box terbukti menjadi sarana yang efektif dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MI,dengan catatan perlu dukungan sarana dan pelatihan yang memadai.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Smart Box, media pembelajaran, Akidah Akhlak, Madrasah Ibtidaiyah</p>2025-03-30T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 SHANUN: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah