Pendampingan Pembuatan Soal Online Berbasis Google Form Di Yayasan Pendidikan Islam Indonesia

Authors

  • Emha Fidiyan Akhadi STAI Jam’iyah Mahmudiyah Langkat
  • Enda Lovita Pandiangan STAI Jam’iyah Mahmudiyah Langkat
  • Diani Syahfitri STAI Jam’iyah Mahmudiyah Langkat

Keywords:

Online Questions, Google Form

Abstract

Sasaran Era Society 5.0 yang saat ini digulirkan menjadi tantangan bagi dunia pendidikan karena sangat kental dengan penggunaan teknologi internet. Era dimana semua teknologi tidak lagi sekedar membantu aktivitas sehari-hari manusia dan internet bukan hanya sekedar berbagi informasi, tetapi semua teknologi adalah bagian dari manusia itu sendiri dan internet digunakan untuk menjalankan kehidupan. Oleh karena itu, guru dituntut untuk dapat menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Membantu Pembuatan Soal Online Berbasis Google Form” dilaksanakan pada tanggal 1 Maret 2023 di Yayasan Pendidikan Islam Indonesia (YPII) Tanjung Pura. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pembuatan/input soal ujian secara online kepada para guru di Yayasan Pendidikan Islam Indonesia (YPII) Tanjung Pura. Metode pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan dengan memberikan penjelasan konsep pembelajaran daring dan aplikasi Google Form. Hasil dari kegiatan ini adalah guru mampu membuat/memasukkan soal tes menggunakan Googleform yang kemudian diterapkan pada siswa

References

Al-Mutharahah: JurnalPenelitian Dan Kajian Yodangdkk: PendampinganKompetensi Guru dalam..... | 79 SosialKeagamaan 17, no. 2 (2020).

Giska, Hanif. 2021 “Komunikasi Digital Dalam Pendidikan Era Modern Di Tengah Covid- 19.”Kumparan.

Handhini, Lidya Setio, and Eka Fitriyani. 2020. “TantanganMenjadi Guru Di Era Disruptif.” PemanfaatanTeknologi Dalam Proses PembelajaranMenujuPembelajaran Abad 21.

Hanifah Salsabila, Unik, Lailli Irna Sari, KhusnaHaibati Lathif, Ayu Puji Lestari, and AsyharinurAyuning. “Peran Teknologi Dalam PembelajaranDi Masa Pandemi Covid-19.”

Heffidy, ShintyaGugah Asih. “Pendidikan Era RevolusiIndustri 4.0 Di Tengah Covid-19.” Ombudsman Republik Indonesia, 2020.https://doi.org/10.46781/al- mutharahah.v17i2.138.

Kasali, R.. Disruption (9th ed.). Jakarta: Gramedia, 2018.

Mardiana, Tria, and Wiyat Arif Purnanto. “Google Form SebagaiAlternatifPembuatan Latihan Soal Evaluasi.” University Research Ccolloquium, 2017, 183–88. Chrome extension://gphandlahdpffmccakmbngmbjnjiiahp/http://journal.ummgl.ac.id/index.php/urecol/article/download/1582/701.

Nyayu Yayu Suryani1, Harpiansi. JurnalManhaj (JurnalPenelitian dan Pengabdian Masyarakat) “PelatihanPembuatan Soal UjianMenggunakan Google Form bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Tarbawi Palembang, Volume 10, Nomor 1, (2021): 72-79

Prasetyo, B., &Trisyanti, U. “RevolusiIndustri 4.0 Dan TantanganPerubahanSosial.” In Strategi Pengembangan Nasional Menghadapi RevolusiIndustri 4.0, 22–27, 2018.

Seels, Barbara B., dan Richey, Rita C. Instructional Technology: The Definition of the Field. Washington D.C. : Association for Educational Technology, 1994.

Yunita, LatwarningrumAlfiani. “Tantangan Pendidikan Di Era RevolusiIndustri 4.0 Di Tengah Pandemi COVID-19.” BaktiNews, 2021

Downloads

Published

2023-08-09

Issue

Section

Articles