Pelatihan Pemanfaatan Google Form Untuk Pendataan Absensi Siswa Di MTS An-Nikmah Desa Ofa Padang Mahondang Kecamatan Pulau Rakyat Asahan

Authors

  • Wulan Sari Institut Agama Islam Daar al Uluum Asahan Kisaran

Keywords:

Pelatihan, Google Form, Google Apps For Education (GAFE)

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk membantu para Guru dalam mendata siswa di kelas selama pandemi serta meningkatkan keterampilan para Guru di MTs An-Nikmah Desa Ofa Padang Mahondang dalam menggunakan Google Apps For Education (GAFE), yaitu Google Form sebagai salah satu aplikasi dari google yang bisa digunakan untuk pendataan absensi siswa secara online maupun offline.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di MTs An-Nikmah Desa Ofa dengan melibatkan Guru dan Tenaga Kependidikan di madrasah tersebut. Dalam kegiatan pelatihan ini, selain tutorial, praktikum, diskusi serta pre-test dan post-test, kegiatan pengabdian ini juga melaksanakan pendampingan kepada para Guru dan Tenaga Kependidikan yang menjadi peserta pelatihan agar penerapan aplikasi google form dalam pendataan absensi siswa dan pembuatan absensi online bisa berhasil sesuai harapan.

Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan; (1) Hasil Post Test yang dilakukan, dimana nilai akhir seluruh peserta menunjukkan peningkatan dari nilai Pre Test yang dilakukan sebelum pelaksanaan kegiatan pelatihan. (2) Kemampuan peserta yang cukup baik dalam pembuatan absensi siswa secara online berbasis aplikasi google form, dimana para peserta telah memahami dan mampu mempraktekkan secara lengkap semua materi pelatihanyang diberikan; (3) Tingkat kepuasan peserta yang cukup baik terhadap pelaksanaan kegiatan pelatihan. Hal ini terlihat dari hasil survey kepuasan peserta pelatihan yang mayoritas menunjukkan penilaian yang baik pada aspek materi pelatihan, narsumber pelatihan, dan fasilitas bagi peserta pelatihan; (4) Kemampuan peserta yang cukup baik dalam mengimplementasikan pemanfaatan google form untuk pendataan absensi siswa di MTs An-Nikmah Desa Ofa Padang Mahondang. Hal ini berdasarkan hasil pendampingan dan monev yang dilaksanakanoleh Tim Pelaksana PkM, bahwa dari total 13 peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan, sebanyak 8 orang peserta atau 61,5% telah mengimplementasikan pemanfaatan aplikasi google form untuk pendataan absensi siswa di kelasnya.

 

References

Amalia, T. (2019). Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi PembelajaranBahasa Arab Maharah Kitabah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab (Vol.5, No. 5)

Gunawan, Ary H. 2002. Administrasi Sekolah (Administrasi Pendidikan Mikro), Jakarta: Rineka Cipta

Khairul Ummi, dkk., (2021). Penggunaan Google Form untuk Pendataan Absensi Siswa di MAN 2 Model Medan. Rambate: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol.1, No. 1, Juni 2021)

Tri Widayanti (2020). Pemanfaatan Google Form dalam Mendukung Pengumpulan Data untuk Karya Ilmiah Mahasiswa. JUDIMAS: Jurnal Inovasi Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol 1, No.1, Juni 2020)

Rahardja, dkk., (2018). Pemanfaatan Google Formulir Sebagai Sistem Pendaftaran Anggota Pada Website Aptisi.or.id, Sisfotenikan (Vol.8, No.2)

Santoso, P. B. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google Form Terhadap Hasil Belajar Pelajaran TIK. In Prosiding Seminar Nasional PEP: Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan di Era Revolusi Industri (Vol. 4, No.1)

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif, Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Downloads

Published

2022-08-22 — Updated on 2022-08-24

Versions

Issue

Section

Articles