Strategi Pemasaran Produk BMT Surya Martani Dalam Meningkatkan Calon Nasabah

Authors

  • Rozikan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Bima Sanjaya Gumeleng Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Keywords:

BMT Surya Martani, Pemasaran, Strategi, Pembiyaan Syariah

Abstract

Kegiatan Baitul Mal Tamwil (BMT) didasarkan pada prinsip-prinsip Syariah, dan fungsinya memiliki manfaat sosial dan ekonomi. Dalam situasi saat ini, banyak Baitul Mal Tamwil (BMT) termasuk BMT Surya Martani, telah didegradasi untuk meningkatkan komersialisasi. Maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi apa yang digunakan BMT Surya Martani dalam memasarkan produknya sehingga bisa meningkatkan calon anggota. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan motode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dilakukan teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sehingga kemudian didapati keabsahan data penelitian. Hasil yang didapati dalam penelitian ini menunjukan bahwa kendala BMT Surya Martani dalam peningkatan calon anggota antara lain; modal yang belum bisa dipenuhi, nasabah yang bermasalah, nasabah yang kurang memahami perbedaan antara pembiyaan syariah dan konvensional, dan persaingan dengan lembaga konvensional lainya. Sedangkan strategi pemasaran yang digunakan adalah stratgi segmentasi pasar dan bauran pemasaran (Marketing Mix) yang lebih mengedepankan pada Produk, Harga, Lokasi, dan promosi. Disamping itu strategi yang dilakukan adalah dengan menjemput bola atau dengan langsung mendatangi nasabah, dan juga lebih mengutamakan pelayanan kenyamanan pelanggan serta berupaya memberikan informasi melalui brosur.

References

Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra Prespektif Monodisipliner dan Interdisipliner: Graniti, Gresik

Ashafa, S. A. (2021). Riba (Interest) Between Reason and Revelation in Islam. Journal of Islamic Economic and Business Research, 1(2), 180–192. https://doi.org/10.18196/jiebr.v1i2.18

Daffa, M. I., Moh. Mas’udi, & Musyrifin, I. M. (2022). Leaders and Whistleblowers: Application of Whistleblowing in Islamic Financial Institutions. Journal of Islamic Economic and Business Research, 2(1), 76–89. https://doi.org/10.18196/jiebr.v2i1.50

Haryanto Rudy. (2021). Manajemen Pemasaran Bank Syariah (Teori dan Praktik). In Manajemen Pemasaran Bank Syariah (Vol. 53, Issue 9).

Hasan, Z. (2021). Making Indonesia as Integrated Halal Zone and World Halal Sector Hub Through the Implementation of Halal Supply Chain. Journal of Islamic Economic and Business Research, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.18196/jiebr.v1i1.11529

Ilyas, R., & Hartono, R. (2022). Analysis of the Economic Potential of Bangka Belitung Islamic Boarding Schools. Journal of Islamic Economic and Business Research, 2(2), 203–219. https://doi.org/10.18196/jiebr.v2i2.79

Jauzi, A. Q. Al, & Zakiy, M. (2021). Analisis Tingkat Kepercayaan Masyarakat terhadap Dana Donasi pada Uang Kembalian Belanja di Alfamart. Prosiding UMY Grace, 273–281. https://prosiding.umy.ac.id/grace/index.php/pgrace/article/view/246

Kalimah, S., & Zakiy, M. (2021). Analisis Kinerja , Profesionalisme dan Kompetensi Karyawan Lembaga Filantropi di Era Wabah COVID 19. Prosiding UMY Grace, 429–438.

Khasanah, M., SR HS, M., & Sutrisno. (2022). Linking Sharia Bank Corporate Image and Customer Trust with Customer Switching Intention: The Mediating Role of Customer Loyalty. Journal of Islamic Economic and Business Research, 2(2), 220–234. https://doi.org/10.18196/jiebr.v2i2.81

Lubis, A. N. (2018). Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis. Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional, 1–14.

Olayiwola, H. O. (2021). Islamic Banking Products and Economic Development in Nigeria: A Co-Integration Approach. Journal of Islamic Economic and Business Research, 1(2), 169–179. https://doi.org/10.18196/jiebr.v1i2.30

Purnamasari, A. R. (2022). Masuk: Juli 2022 Penerimaan: Juli 2022 Publikasi: Juli 2022. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 02(02), 154–164.

Said, M. Y. S. dan M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. In Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang (Vol. 3).

Sudjana, K., & Rizkison, R. (2020). Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) dalam Mewujudkan Ekonomi Syariah yang Kompetitif. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 175. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1086

Zakiy, M. (2017). The Barrier and Strategy of Higher Education in Developing Human Resources. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(2), 168–178. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v8i2.168-178

Zakiy, M. (2019). Citra Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi Pengaruh Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Dan Niat Beralih. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 12(1), 51. https://doi.org/10.25105/jmpj.v12i1.3149

Zakiy, M. (2021a). SPSS Penelitian Keperilakuan: Teori dan Praktik. In Kencana (1st ed., Issue 1). Kencanad.

Zakiy, M. (2021b). Inisiasi Pembentukan Usaha Baru Melalui Pemberdayaan untuk Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Warga. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 1–6. https://doi.org/10.30595/jppm.v5i1.7159

Zakiy, M., & Haryanto, M. (2021). Linking of Service Quality and Switching Costs with Turnover Intentions: The Mediating Role of Customer Loyalty. Proceedings of the 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020-Accounting and Management (ICoSIAMS 2020), 201(ICoSIAMS 2020), 29–37. https://doi.org/10.2991/aer.k.210121.005

Zakiy, M., Wardana, L. K., & Vebrynda, R. (2020). Pendirian koperasi Kelompok Usaha Bersama (KUB) dusun Kasihan RT6 Tamantirto Kabupaten Bantul D.I.Yogyakarta. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 8(2), 145–153.

Downloads

Published

2023-11-04