Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Produk Tabungan Wadiah Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank SUMUT Syariah Cabang Stabat

Authors

  • Rafika Sari STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura, Langkat
  • Muhammad Saleh STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kinerja Produk, Kepuasan Nasabah

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kinerja produk tabungan wadiah terhadap kepuasan nasabah pengguna produk tabungan wadiah di PT. Bank SUMUT Syariah Cabang Stabat. Sumber data penelitian ini diperoleh dari jawaban angket yang diberikan reponden penelitian yaitu kepuasan nasabah pengguna produk tabungan wadiah PT. Bank SUMUT Syariah Cabang Stabat. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan pengujian tersebut menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan baik secara parsial maupun secara simultan antara kualitas pelayanan dan kinerja produk tabungan wadiah terhadap kapuasan nasabah pengguna produk tabungan wadiah PT. Bank SUMUT Syariah Cabang Stabat. Kualitas pelayanan dan kinerja produk tabungan wadiah mempengaruhi kapuasan nasabah pengguna produk tabungan wadiah PT. Bank SUMUT Syariah Cabang Stabat sebesar 75,2%. Terdapat positif atau sejalan antara kualitas pelayanan dan kinerja produk tabungan wadiah dengan kapuasan nasabah, artinya jika kualitas pelayanan dan kinerja produk tabungan wadiah mengalami peningkatan maka kepuasan nasabah pengguna produk tabungan wadiah PT. Bank SUMUT Syariah Cabang Stabat peningkatan juga, begitupun sebaliknya jika kualitas pelayanan dan kinerja produk tabungan wadiah mengalami penurunan maka kepuasan nasabah pengguna produk tabungan wadiah PT. Bank SUMUT Syariah Cabang Stabat penurunan juga.

References

Andriyani, M., & Ardianto, R. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(02), 133–140. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i02.73

Aulia, M. R., & Hafasnuddin. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Dan Religiusitas Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen TERAKREDITASI SINTA, 4(1), 108–121. http://www.jim.unsyiah.ac.id/EKM/article/view/16370

Eriyanti, hasnuna. (2021). Pengaruh Produk, Promosi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Simpanan PT. Bank Muamalah Indonesia, Tbk. Cabang Pangkalpinang. Jurnal Manajemen Dan Investasi, 3(1), 83–95. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/jmanivestasi.v3i1.6408

Lubis, D., Annisa, C., & Salsabila, A. (2022). Pengaruh Pelayanan dan Merek Perusahaan Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan di Bank Sumut Syariah Stabat. JEKSya: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 19–25. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/64

Lutfi, M. (2020). Penerapan Akad Wadiah di Perbankan Syariah. Madani Syariah, 3(2), 132–146. https://doi.org/https://doi.org/10.51476/madanisyari’ah.v3i2.207

Muhammad Arfan Harahap. (2021). Lembaga Keuangan Nonbank (LKNB). Insan Cendekia Mandiri. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Nasfi, N., Rahmad, R., & Sabri, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 4(1), 19. https://doi.org/10.30983/es.v4i1.3146

Nurlaili Adkhi Rizfa Faiza. (2022). RELIGIUSITAS, KEPUASAN PELAYANAN, DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH DI KOTA SURABAYA. Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 67–76. http://jes.unisla.ac.id/index.php/jes/article/view/248

Reza Nurul Ichsan, A. K. (2021). KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. JASA RAHARJA MEDAN. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 54–57. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.729

Wijaya, R. H. (2021). Tinjauan Fikih dan Praktik Akad Al-Wadiah Pada Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(2), 302–310. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i2.816

Yahyanti, M. E. (2019). Analisis Pengaruh Tingkat NisbahBagi Hasil, Pelayanan, dan Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Pada Bank Syariah Mandiri XXX. Iqitishodia : Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 71–100. https://doi.org/https://doi.org/10.35897/iqtishodia.v4i1.226

Yudiadari, N. K. P., & Agustina, M. D. P. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Unit Simpan – Pinjam Bumdes Dana Merta Desa Tangkup Kabupaten Karangasem. Widya Amrita, 1(1), 216–232. https://doi.org/10.32795/widyaamrita.v1i1.1165

Zulkarnain, R., Taufik, H., & David Ramdansyah, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Mu’amalah Cilegon). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1–24. https://doi.org/https://doi.org/10.47080/10.47080/vol1no02/jumanis

Downloads

Published

2023-05-31