Pengaruh Penetapan Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Jamaah Umroh Pada Travel Umroh dan Haji Mahmud Harahap

Authors

  • Indah Sukma Permatasari Harahap Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Selamat Pohan, MA Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

Keywords:

Penetapan Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Jamaah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Penetapan Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Jamaah Umroh Pada Travel Umroh dan Haji Mahmud Harahap. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jamaah Travel Umroh dan Haji Mahmud Harahap dan sampel yang digunakan sebanyak 91 orang dengan menggunakan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis pada penelitian ini adalah uji validitas dan realibilitas data, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien linier determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penetapan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Jamaah. Hasil perhitungan yang telah dilakukan nilai  >  sebesar 2,378 > 1,987 dengan nilai signifikansi 0,020 < 0,05, yang menunjukkan bahwa  ditolak dan  diterima. (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Jamaah. Hasil perhitungan yang telah dilakukan nilai  >  sebesar 5,443 > 1,987 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa  ditolak dan  diterima. (3) Secara simultan diketahui bahwa Penetapan Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Jamaah Umroh dan Haji pada Travel Umroh dan Haji Mahmud Harahap dengan angka signifikansi  >  (26,583 > 3,14). (4) Berdasarkan uji determinasi koefisien menunjukkan bahwa nilai R-square sebesar 0,929 atau 92,9% hal itu menjelaskan bahwa variabel bebasnya yaitu Penetapan Harga dan Kualitas Pelayanan mempengaruhi Kepuasan Jamaah Umroh dan Haji pada Travel Umroh dan Haji Mahmud Harahap. Sedangkan sisanya 7,1% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Ajak Rukajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach - Ajat Rukajat - Google Buku. In CV. Budi Utama.

Al-Ghifari. (2008). Analisis Regresi: Teori, Kasus dan Solusi. Yogyakarta: BPFE.

Bames, G.J. 2003. Secrets of customer relationship management (Rahasia manajemen hubungna pelanggan). Yogyakarta: Andi.

Buchory, D. S. (2010). Manajemen Pemasaran (Teori, Aplikasi dan Tanya Jawab). Bandung: Linda Karya.

Buddy, et.al. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Reputasi Perusaahaan. Jurnal ekonomi bisnis dan manajemen. 4(2).

Budianto, A. 2016. Manajemen Pemasaran (Edisi Revisi). Yogyakarta: Ekonisia

Cravens & David W. 1996. Pemasaran Strategis. Jakarta: Erlangga.

Endang Sutrisna dan Yusnani. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Umroh Pada PT. Silver Silk Tour & Travel Pekanbaru, Jurnal Ilmu Administrasi, 5(2).

Eriyanto, P. N. (2011). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Notebook Acer. Universitas Negeri Semarang.

Fuad, N. (2002). Agenda Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Handoko, B. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Titipan Kilat JNE Medan. JIMB: Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 18(01).

Hendryadi, S. d. (2015). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam edisi 10. Jakarta: Prenada Media Group.

Ismi, V.A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan jamaah umroh terhadap loyalitas jamaah di PT Multazam wisata Agung Medan. Universitas Pembangunan Panca Budi.

Juliandi, A., & Manurung, I. S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Medan: UMSU Press.

Kasino. (2018). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan PT. Mitra Tour & Travel Sidoarjo. Jurnal Ekonomi & Bisnis Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo. 3(1).

Kasmir. (2014). Kewirausahaan. Jskarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kementerian Agama RI. 2016. Manajemen Penyelenggaraan Ibadah Haji Indonesia. Jakarta: Dirjen Penyelenggaraan Haji Luar Negeri.

Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi ke-12. Alih Bahasa oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Jasa, Teori, dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Maki, M. F., et al. (2021). Pengaruh Kualitas pelayanan haji dan umroh serta penetapan harga terhadap kepuasan konsumen (studi pada PT Mecca Sukses International). 1(2).

Nasib. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Kolam Renang Bengawan Solo Pangkalan Brandan). JIMB: Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis. 18(1).

Nasution, M.N. (2016). Reformasi Birokrasi: Peningkatan mutu pelayanan publik. Semarang: Universitas Diponegoro.

Priyanto, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Salamadian. (2017). Sepuluh Teknik Pengambilan Sampel dan Penjelasannya Lengkap (Sampling). Diambil kembali dari https://salamadian.com

Setiadi. (2013). Perilaku Konsumen (Revisi). Jakarta: Kencana Perdana Media Grup.

Sugiyono, P. D. (2016). Metodologi Penelitian Kkuantitatif, Kualitatif dan R &D. Yogyakarta: CV. Alfabeta.

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28.

Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Swastha, B. (2017). Manejemen pemasaran analisa perilaku konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Temporal, P. (2011). Islamic Branding and Marketing. Singapura: Wiley.

Tjiptono. (t.thn.). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.

Umar, H. (2000). Metode Penelitian : Aplikasi dalam Pemasaran. In Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Utami, C. W., & Metta Padmalia. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Surya Nalendra Sejahtera Tours & Travel. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis.1(3).

Yoeti, Oka, A. (2001). Strategi Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Zainal, V. R. (2017). Marketing Management: Mengembangkan Bisnis dengan Hijrah ke Pemasaran Islami Mengikuti Praktik Rasulullah SAW. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-11-04