Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Mobile Banking
Keywords:
Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Kepuasan NasabahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan dan persepsi keamanan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking pada bank Sumut syariah KCP Stabat. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui kuisioner yang dibagikan. Sampel penelitian sebanyak 66 orang yang merupakan nasabah yang menggunakan layanan mobile banking. Metode regresi linier berganda penelitian dalam penelitian ini digunakan untuk menganalisis data yang dibantu dengan program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variebel persepsi kemudahan, keamanan, berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam memanfaatkan layanan mobile banking pada bank Sumut syariah KCP Stabat, sedangkan faktor persepsi kegunaan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam memanfaatkan layanan mobile banking. Sedangkan secara bersama sama variabel persepsi kegunaan, kemudahan dan keamanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking pada bank Sumut Syariah KCP Stabat. Hal ini dibuktikan dengan uji koefisien determinasi (R2) sebesar 58% sedangkan sisanya sebesar 42% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.
References
Ainul Khatimah Sulmi, A., Awaluddin, M., Gani, I., & Kara, M. (2021). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking. Economic and Financial Journal, 1(2), 59–73. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/IBEF/article/view/22350
Diva, I., Ashal, F. F., & Ridha, I. R. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Aceh Syariah Di Kecamatan Kuta Alam. Journal of Sharia Economics, 3(2), 198–214. https://doi.org/10.22373/jose.v3i2.2080
Hariansyah, F. A., Wardani, N. H., & Herlambang, A. D. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Pada Pengguna Layanan BRI Mobile Bank Rakyat Indonesia di Kantor Cabang Cirebon. Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(5), 9. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5177
Kamarudin, J., Nursiah, N., & ... (2022). Pengaruh Faktor Kemudahan, Keamanan, dan Resiko Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Pada Nasabah BRI Kabupaten Mamuju). FORECASTING: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 11–18. https://stiemmamuju.e-journal.id/FJIIM/article/view/123%0Ahttps://stiemmamuju.e-journal.id/FJIIM/article/download/123/63
Makmuriyah, a. N., & vanni, k. M. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah dalam menggunakan layanan mobile banking (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri di Kota Semarang). Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 5(1), 37. https://doi.org/10.32493/eduka.v5i1.6362
Mauluddi, H. A. (2020). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Nasabah terhadap Layanan Mobile Banking. Ekspansi: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan Dan Akuntansi, 12(1), 95–104. https://doi.org/10.35313/ekspansi.v12i1.1902
Melinda, M., Sani, A., & Arfan Harahap, M. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Kendaraan Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP Stabat. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 3(2), 156–175. https://doi.org/10.56114/al-sharf.v3i2.312
Novani, F. (2022). Pengaruh Layanan Mobile Banking Terhadap Jumlah Nasabah Menabung Pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk Kcp Stabat. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 102–113. https://doi.org/10.56114/al-sharf.v3i1.252
Rozi, F., & Ziyad, M. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking Bank BTN. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 92–102. http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jsmk
Sari, D. M., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2021). Manfaat Dan Risiko Penggunaan Layanan Perbankan Melalui Aplikasi Mobile Banking. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 12(2), 170. https://doi.org/10.32507/ajei.v12i2.892
Triyanti, D., Kaban, R. F., & Iqbal, M. (2021). Peran Layanan Mobile Banking Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 51. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.51-62.