Analisis Strategi Pemasaran Syariah Dengan Sistem Online Pada Toko Dika Olshop Kecamatan Tanjung Pura

Authors

  • Dhea Ananda Siregar Dhea STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura, Langkat
  • Sri Wahyuni Hasibuan STAI Jam'iyah Mahmudiyah, Langkat

Keywords:

Pemasaran, Strategi, Online, Syariah

Abstract

Dalam upaya memenuhi kebutuhan manusia yang semakin meningkat dan semakin berkembang pememanfaatan teknologi yang semakin canggih menjadi sebuah strategi. Selain itu, untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dan memperluas jangkauan pemasaran produk dapat dilakukan secara online. Strategi Pemasaran secara online yang sesuai dengan syariah perlu untuk di terapkan. Pada Dika Olshop strategi pemasaran berbasis syariah secara online telah dilaksanakan, namun apakah sudah sesuai dengan perspektif ekonomi Islam perlu untuk diungkap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran syariah melalui sistem online pada Dika Olshop serta untuk mengetahui kesesuainnya berdasarkan perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara langsung, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dika Olshop telah melakukan strategi pemasaran secara syariah dengan menggunakan Konsep marketing mix Islami 4P + 3 yaitu produk, price, place, promotion, people, dan process dan physical evidence. Strategi pemasaran yang sudah dilakukan sejalan dengan prinsip pemasaran yang terkandung dalam ekonomi Islam. Hal ini berbeda dengan pemasaran konvensional yaitu dengan hanya 4P (produk, price, place, promotion).

References

Andira, H., & Sundari, E. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Syariah Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Herbal Az-Zahra Kota Dumai. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2), 335–344. https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).7421

Biasa, K. M., Tumbel, A. L., Walangitan, M. D., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2021). Pemanfaatan Sistem Pemasaran Online Dan Strategi Pemasaran Dalam Menigkatkan Pembelian Konsumen Pada Masa Pandemic Covid-19 (Study Kasus Online Shop Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 948–956. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v9i2.33913

Hadi, A. S., & Ardhi Khairi. (2020). Pemilihan Strategi Pemasaran Di Era Digital Pada Kelompok Ibu Pkk Desa Gadingharjo. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 127–132. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3246

Harahap, M. A. (2021). Minat Menggunakan Produk Halal. Ahgniya Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 65–73. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/AGHNIYA/article/view/7247/pdf_50

Isnaida, Muhizar Muchtar, M. A. H. (2022). Implementasi Marketing MIX Dalam Upaya Peningkatan Penjual Butik Muslimah Di Kota Tanjung Pura. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 62–73. https://doi.org/10.56114/al-sharf.v3i1.253

Kurniawati, K., Nilasari, B. M., Emilisa, N., & Rahayu, F. (2022). Strategi Pemasaran Iklan Digital Dalam Pengambilan Keputusan Berbasis Online. Jurnal Abdikaryasakti, 2(2), 137–150. https://doi.org/10.25105/ja.v2i2.14187

Mahliza, I., Husein, A., & Gunawan, T. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Online. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 1(3), 250–264. https://doi.org/10.56114/al-sharf.v1i3.98

Mey Kurnia Lestari, Masruchin, & Diah Krisnaningsih. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Online Produk Fashion Pada UMKM di Kota Surabaya. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(2), 143–159. https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(2).10519

Muhammad Arfan Harahap. (2021). Lembaga Keuangan Nonbank (LKNB). Insan Cendekia Mandiri. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Muhammad Arfan Harahap, M. H. (2020). Manajemen Keuangan Konsep Dasar Dan Prinsip-Prinsip. Merdeka Kreasi. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=yIHJEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=info:blAZb0_Um88J:scholar.google.com&ots=wL9Wd2cEVy&sig=Ql-O_D-8FqtTVR_6KjL26nVOefY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Sri Susilawati, P., Hilal, F., Aulia Azzahra, N., & Luthfiah Nurlaeli, S. (2022). Perbandingan Strategi Pemasaran Online Dan Offline di Era Pandemi Covid-19. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(3), 1080–1083. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i3.1480

Suparwo, A., Roisah, R., Solihat, A., & Fitriyani. (2022). Strategi Pemasaran Online Berbasis Aplikasi Pada Kost Di Wilayah Pasundan Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 1634–1642. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/652

Downloads

Published

2023-11-04