Pengaruh Brand Syariah Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank SUMUT Syariah KCP Stabat

Authors

  • Tarisa Yulia STAI Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura, Langkat

Keywords:

Keputusan Menabung, Brand Syariah, Religiusitas

Abstract

Keberhasilan Bank Syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah untuk menabung menjadi kunci utama dalam memenangkan persaingan di dunia perbankan. Keputusan nasabah untuk menabung di Bank Syariah merupakan pemilihan dari berbagai alternative dan factor-faktor yang mempengaruhinya masih menjadi perdebatan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Brand Syariah dan Religiusitas terhadap Keputusan Menabung nasbah pada Bank Sumut KCP Stabat. Pendekatan penelitian secara kuantitatif dengan metode regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis data yang dibantu program SPSS 26 untuk mengukur pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent. Sample penelitian berjumlah 58 orang yang merupakan nasabah yang memiliki rekening tabungan di Bank Sumut Syariah KCP Stabat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh variabel Brand Syariah terhadap variabel Keputusan Menabung, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung  lebih besar dari t tabel  atau sebesar 15.169 > 1.670 dengan nilai signifikansi 0,000. Sedangkan variabel Religiusitas juga berpengaruh terhadap variabel Keputusan Menabung dengan nilai nilai t hitung lebih besar dari t tabel atau sebesar 2,917 > 1,671 dengan nilai signifikansi 0,000. Secara simultan variabel Brand Syariah dan Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Menabung, hal ini dibuktikan dengan hasil uji F bahwa nilai F hitung  lebih besar dari F tabel  atau sebesar 30,565 > 2,76 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Adapun pengaruhnya sebesar 0,526 atau sebesar 52% sedangkan 48% lagi dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Agus Wijanarko, & Lucky Rachmawati. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Layanan Keuangan Syariah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(1), 1–13. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/26476

Aslikhah, & Aminatuz Zuhriyah. (2022). Pengaruh Religiusitas dan Brand Liking terhadap Keputusan Menabung di Bank BNI Syariah Kabupaten Pasuruan. Malia (Terakreditasi), 12(2), 267–276. https://doi.org/10.35891/ml.v12i2.2876

Casriyanti. (2020). Pengaruh Religiusitas, Consumer Knowledge dan Brand Image terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada Bank Syariah. Jurnal Tasyri’ : Jurnal Muamalah Dan Ekonomi Syariah, 2(1), 52–70. http://ojs.staisdharma.ac.id/index.php/tjmes/article/view/14

Fadilah, D., Nasution, R. A., & Affandi, I. (2022). Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, Dan Motif Rasional Terhadap Keputusan Mahasiswa Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Binal Bisnis Eonmi Halal, 3(2), 100–109. http://ojs.polmed.ac.id/index.php/Bilal/index

Mara, A., Sani, A., & Harahap, M. A. (2023). Pengaruh Motivasi Menghindari Riba, Pengetahuan Produk dan Religiusitas Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP Stabat. JEKSya: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 02(01), 410–424. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya/article/view/198

Maulida, H., Nawawi, M. K., & Hakim, H. (2021). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan Bank Syariah terhadap Keputusan Mahasiswa Menabung pada Pengikut Autobase @Collegemenfess. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(2), 176–191. https://doi.org/10.47467/elmal.v4i2.607

Parastika, P., Hartini, T., & Amri, U. (2021). Pengaruh Religiusitas dan Pengetahuan terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 10(1), 177–187. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v10i1.8609

RACHMAWATI, A. (2020). Pengaruh Consumer Knowledge, Brand Image, Religiusitas, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.37058/jes.v5i1.1502

Sinaga, A., Harahap, M. A., Perkasa Alam, A., Agustina, M., & Wirdany, W. (2020). Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung pada PT Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Stabat. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(2), 210–232. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i2.570

Sunarsih, U., & Wijayantie, M. N. (2021). Penentuan Keputusan Mahasiswa untuk Menabung di Perbankan Syariah. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(02), 91–102. https://doi.org/10.36406/jam.v18i02.477

Thohari, C., & Hakim, L. (2021). Peran Religiusitas Sebagai Variabel Moderating Pembelajaran Perbankan Syariah, Literasi Keuangan Syariah, Product Knowledge Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 46–57. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p46-57

Zuhirsyan, M., & Nurlinda, N. (2021). Pengaruh Religiusitas, Persepsi Dan Motivasi Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Perbankan Syariah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 2(2), 114–130. https://doi.org/10.46367/jps.v2i2.342

Downloads

Published

2023-12-30